Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdiknas Harapkan Bantuan Swasta

Kompas.com - 03/10/2011, 15:54 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com – Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, kementerian akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta untuk merehabilitasi sekolah yang masuk dalam kategori rusak ringan dan rusak sedang. Nuh juga meminta BUMN dan pihak swasta untuk membangun sarana pendukung infastruktur sekolah, misalnya seperti laboratorium ataupun perpustakaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dibidang pendidikan.

Nuh menjelaskan, meningkatkan mutu pendidikan tidak hanya menjadi tangggung jawab pemerintah tetapi juga semua pihak. Ia juga berharap, pengusaha ikut andil meningkatkan mutu pendidikan melalui program-program CSR.

Bantuan dari perusahaan BUMN maupun swasta, dinilainya, akan mempercepat penuntasan program gerakan nasional penuntasan rehabilitasi gedung sekolah, karena di saat pemerintah fokus merehabilitasi dan membangun sekolah-sekolah yang masuk dalam kategori rusak berat. Dengan adanya bantuan dari pihak luar, menurutnya, akan diarahkan kepada sekolah dengan tinngkat kerusakan ringan dan sedang.

“Saat kita masih punya uang bukan berarti mereka (swasta) tidak boleh bantu. Begitu juga sebaliknya, kita meminta bantuan swasta bukan karena anggaran kita yang terbatas,” kata Nuh seusai meletakan batu pertama rehabilitasi dan pembangunan SDN Babakan Madang 01, Senin (3/10/2011).

Tahun ini, dengan total anggaran Rp 2,8 triliun, Kemdiknas menargetkan akan merehabilitasi 18.000 ruang kelas untuk jenjang SD dan 3.500 untuk jenjang SMP. Sementara sisanya, sekitar 131 ribu ruang kelas yang masuk dalam kategori rusak berat akan mulai direhabilitasi per 2012 mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com