Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Universitas AS "Berburu" Mahasiswa di Surabaya

Kompas.com - 05/10/2011, 09:06 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Enam universitas di Amerika Serikat mencari calon mahasiswa di Surabaya, Jawa Timur, melalui "Education Fair 2011" yang digelar untuk kedua kalinya. Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) Kristen F Bauer, Rabu (5/10/2011), menjelaskan, pameran pendidikan yang digelar Konjen AS di Surabaya bekerjasama dengan "Education USA" itu digelar di Hotel Shangri-la pada 6 Oktober 2011 pukul 15.00-19.00 WIB.

Keenam universitas tersebut adalah Miami University of Oxford, Ohio; University of Oregon; Diablo Valley College California; Foothill College of California; De Anza College of California; dan Iowa State University.

"Sebelumnya, keenam universitas itu mengadakan ’Institute of International Education Fair (IIEF)’ di Jakarta pada 5 Oktober," katanya di sela-sela persiapan pameran itu.

Kedatangan enam universitas AS ke Surabaya itu diawali dengan kunjungan ke SMA Islam Al-Hikmah dan SMA Kristen Cita Hati untuk bertemu dengan para pengurus sekolah dan melakukan presentasi pendidikan kepada siswa.

Dalam Education Fair 2011, selain Education USA, AMINEF juga akan memberikan informasi beasiswa. Konjen AS di Surabaya juga akan melayani jika ada orangtua dan calon mahasiswa yang ingin bertanya seputar visa pelajar.

Jumlah visa yang diberikan kepada pelajar Indonesia ke AS telah meningkat lebih dari 20 persen pada musim panas tahun ini sehingga mencapai angka tertinggi dalam masa 10 tahun.

Sebelumnya, Education USA telah mengadakan Education Fair 2011 yang pertama pada bulan Februari 2011.

"Pameran seperti ini merupakan perwujudan Kemitraan Komprehensif dalam bidang pendidikan yang ditandatangani oleh kedua Presiden AS dan Indonesia pada tahun lalu," kata Kristen F Bauer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com