Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengurusan Visa Pelajar ke AS Dipermudah

Kompas.com - 05/10/2011, 22:51 WIB
Luki Aulia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia mempermudah proses pengurusan visa pelajar bagi siswa Indonesia yang hendak belajar ke Amerika Serikat. Pada periode Juni hingga Agustus 2011, 90 persen permohonan visa pelajar diberikan oleh Kedubes AS. Hal ini telah meningkatkan jumlah pelajar Indonesia di AS hingga 20 persen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel mengemukakan hal itu setelah membuka Pameran Pendidikan Amerika Serikat (AS) 2011 yang diselenggarakan Indonesian International Education Foundation (IIEF), Rabu (5/10/2011), di Kirana Ballroom, Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

"Proses pelayanan visa pelajar sudah ditingkatkan dan lebih cepat untuk menarik lebih banyak siswa Indonesia ke AS dan sebaliknya. Visa pelajar tahun ini naik 25 persen," kata Scot.

Pameran terbesar
Pameran pendidikan yang diselenggarakan kali ini merupakan yang terbesar pada tahun ini karena diikuti 60 perguruan tinggi di Amerika Serikat, antara lain University of Minnesota-Twin Cities, University of California-Berkeley, University of Denver, dan University of Iowa. Di AS terdapat lebih dari 600 perguruan tinggi negeri dan 1.700 perguruan tinggi swasta.

Selama pameran, calon siswa bertemu langsung dengan perwakilan perguruan tinggi yang terdiri dari staf administrasi dan konselor. Calon siswa memperoleh informasi tentang berbagai program beasiswa gelar dan nongelar. Selain itu, juga diberikan informasi tentang ujian akademis internasional, seperti TOEFL, SAT, dan GRE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com