Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Dapat Beasiswa? Gampang Kok...

Kompas.com - 06/10/2011, 05:51 WIB

Oleh: Budi Waluyo

Kompasiana:  mind-id

Mendapatkan beasiswa ke luar negeri merupakan keinginan dan impian hampir semua orang. Hanya yang membedakan antara orang yang mendapatkan kesempatan itu dengan yang tidak adalah seberapa lama bisa mempertahankan mimpi itu. Ada yang bilang,”Life is only about how long you can survive.”

Aku bukanlah orang yang punya otak brilian, ataupun lulus dengan predikat cumlaude S1. Tapi, alhamdulillah, setelah lulus S1 di bulan April 2009, saya mendapat beasiswa setelah menjalani seleksi selama setahun. Usiaku saat itu baru 23 tahun dan tercatat sebagai penerima beasiswa S2 International Fellowship Programs - Ford Foundation termuda diantara 49 orang lainnya. Waktu itu jumlah pelamar mencapai 9333 orang se-Indonesia.

Mendapatkan beasiswa untuk studi ke luar negeri bukanlah hal yang mudah apalagi bila sponsornya dari luar negeri. Tapi bukan berarti mustahil untuk didapatkan.

Kunci utama jika ingin memenangkan sebuah scholarship adalah pahami scholars seperti apa yang diinginkan oleh si funding. Beda beasiswa, beda objek yang mereka cari. Informasi ini bisa dilihat di eligible for pada saat iklan beasiswa itu. Kemudian, cari beasiswa yang kriteria scholar-nya mendekati background yang kita miliki, baik itu secara akademisi, pekerjaan dan lain sebagai.

Bila ini sudah cocok atau sedikit cocok. Anda sudah satu langkah di depan kandidat yang lain. Langkah selanjutnya adalah bagaimana anda menjelaskan serta meyakinkan pihak sponsor bahwa apa yang mereka cari ada dalam diri anda. Biasanya pihak sponsor mengetahuinya hal ini lewat formulir yang kita kirim ke mereka.

Tahap ini mungkin dipandang sepele oleh sebagian orang. Kebanyakan berfikir, interview-lah yang paling susah. Tetapi, sebenarnya pihak sponsor sudah menetapkan siapa yang akan di biayainya sejak tahap ini. Interview hanya proses meyakinkan saja.

Selengkapnya:  http://kom.ps/4ljT

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com