Jumat, 24 Oktober 2014

News / Edukasi

Olimpiade Sains

12 Mahasiswa Terpilih Jadi Pemenang OSN 2011

Jumat, 7 Oktober 2011 | 18:28 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Sebanyak 12 pemenang terpilih dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2011. Keduabelas pemenang ini terpilih setelah menyisihkan 36 finalis yang bertarung di empat bidang yang dikompetisikan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Mereka yang terpilih sebagai pemenang adalah, Bernard Immanuel (juara I), Yudistira (Juara II), dan Arman Haggi Anna Zili (juara II) untuk bidang Matematika. Pemenang pada bidang Fisika adalah Munayzi (juara I), Syukur Daulay (juara II), dan Ali Ikhsanul Qauli (juara III).

Sementara pemenang pada bidang Kimia adalah, Irkham (juara I), Dwi Wahyu Nugroho (juara II), dan Bayu Ardiansyah (juara IIII). Di bidang Biologi, Ardiantiono (juara I), Teguh Prasetia Teja (juara II), dan Angga Pratama (juara III), terpilih sebagai pemenang.

Ketua pelaksana OSN 2011, Abdul Haris mengatakan, secara kebetulan seluruh pemenang dalam kompetisi ini merupaka para mahasiswa UI. Namun, menurutnya, para peserta yang berhasil menjadi pemenang masih jauh dari apa yang diharapkan oleh dewan juri.

"Sebenarnya dewan juri memasang target yang tinggi, ya mereka adalah peserta terbaik dari seluruh peserta lomba," kata Abdul Haris, dalam pengumuman pemenang di Auditorium FMIPA, Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Jumat (7/10/2011).

Para pemenang dalam kompetisi ini masing-masing mendapatkan, juara I uang tunai sebesar Rp 6,5 juta, juara II Rp 4,5 juta, dan juara III Rp 2,5 juta.

Ke-12 pemenang tersebut berhasil menyisihkan 1025 peserta dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang ikut serta dalam seleksi provinsi OSN 2011. Para juara pertama di setiap bidang akan mengikuti seleksi nasional pada 1-4 November 2011 bersama 33 peserta dari seluruh provinsi, di Wisma Makara UI, Depok, Jawa Barat, dengan total hadiah Rp 2,8 miliar.


Penulis: Indra Akuntono
Editor : Inggried