Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendidikan Pengelasan di Bawah Air

Kompas.com - 14/10/2011, 23:03 WIB
Soelastri Soekirno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekalipun tak memiliki wilayah laut atau danau, Kota Solo, Jawa Tengah, memiliki pendidikan pengelasan di bawah air (welding under water) pertama di Indonesia.

Lokasi pendidikan keahlian yang masih langka itu berada di Solo Techno Park. Lembaga pendidikan yang didirikan Pemerintah Kota Surakarta didukung Kementerian Perindustrian dan Perdagangan itu bergerak khusus di bidang pengelasan dengan standar internasional.

Dewi, staf Solo Techno yang ditemui di arena Indonesia Maritime Expo 2011, di JCC, Jakarta, Jumat (14/10/2011), mengatakan, cukup banyak warga meminati pendidikan khusus pengelasan dibawah air.

"Biasanya mereka sudah bekerja atau memiliki keterampilan di bidang pengelasan, tetapi ingin menambah keahlian pengelasan di bawah air yang lebih rumit," ujar Dewi.

Tak sembarang orang boleh mengikuti pendidikan selama dua bulan itu. "Hanya mereka yang bisa berenang, lalu ikut pendidikan menyelam dan sudah memiliki sertifikat menyelam yang boleh ikut pendidikan ini. Syarat itu harus dipenuhi karena resiko pekerjaan tersebut sangat tinggi," lanjutnya.

Biaya kursus pendidikan pengelasan bawah air selama dua bulan Rp 15 juta, tetapi bila ditambah kursus menyelam sampai memiliki sertifikat menjadi Rp 18 juta.

Namun, jangan melihat biaya yang harus dikeluarkan sebab ahli las bawah air selalu menjadi rebutan konsumen yang biasanya bergerak di bidang perkapalan dan pengeboran minyak di laut.

"Lulusan kami tak ada yang menganggur. Mereka biasanya mencari pekerjaan dari internet. Bayarannya dalam mata uang dollar dan dihitung per jam," kata Dewi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com