Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadikan Penelitian Sumber Pendapatan Kampus

Kompas.com - 08/11/2011, 20:20 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com -- Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, bertekad menjadikan penelitian sebagai tulang punggung dan sumber pendapatan kampus. Hal ini dilakukan Undip menyusul meningkatnya kegiatan penelitian dari dosen dan mahasiswa Undip yang dibiayai pihak luar.

"Riset akan menjadi sumber pendapatan kami, sehingga nantinya bisa mengurangi porsi besarnya biaya dari mahasiswa untuk penelitian," ungkap Rektor Undip Prof Dr Sudharto P Hadi MES, Selasa (8/11/2011) pada acara Diseminasi Penelitian Fakultas Teknik dan Sosialisasi Green Building di Kampus Undip, Tembalang, Semarang.

Sudharto yang didampingi Dekan Fakultas Teknik Undip Ir Bambang Pudjianto MT menyatakan riset akan menjadi unggulan Undip, sebagaimana visi Undip menjadikan kampusnya sebagai unversitas riset yang unggul.

Bambang mencontohkan pembiayaan kegiatan penelitian di Fakultas Teknik yang sejak 2009 terus meningkat dukungan dana dari pihak luar, antara lain melalui hibah. Pada tahun 2009 total dana penelitian Fakultas Teknik mencapai Rp 6,15 miliar, hanya Rp 965 juta yang didanai fakultas. Tahun 2010, meningkat menjadi Rp 7,10 miliar (yang dibiayai fakultas Rp 2,3 miliar). "Artinya yang bisa diraih dari luar fakultas lebih banyak. Jika penelitian-penelitian didanai dari luar, itu bisa mengurangi beban mahasiswa atas biaya untuk penelitian," ujar Bambang.

Oleh karena itu, Bambang juga berharap hasil-hasil penelitian kampus, harus sampai ke tahap aplikatif, bahkan jika perlu bisa dikomersilkan, sehingga ada hasil yang riil. "Selama ini ada beberapa, yang sudah dimanfaatkan masyarakat, seperti penelitian teknologi tepat guna yang langsung bisa diaplikasikan di masyarakat, namun jumlahnya belum banyak," paparnya.

Sudharto menambahkan, penelitian merupakan sebuah keniscayaan, karena itu adalah ruhnya perguruan tinggi. "Hasil penelitian merupakan kekhasan konsep dan teori yang memberi khasanah bagi dunia ilmu pengetahuan," ujarnya.

Berangkat dari pemahaman itulah, Sudharto mendorong dosen dan mahasiswa Undip untuk melakukan penelitian-penelitian yang bisa diaplikasikan sesuai kebutuhan masyarakat.

Selain diseminasi hasil-hasil penelitian, alumni Undip Ir Hadjar Seti Adji yang juga merupakan pimpinan di PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, memberi materi kepada mahasiswa seputar konsep Green Building . Menurut Hadjar, hingga kini pemahaman masyarakat mengenai bangunan yang ramah lingkungan masih sangat minim. Ia mencontohkan, di Jakarta hingga kini mayoritas bangunannya tidak menggunakan konsep green building.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com