Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau ke Pameran Pendidikan Eropa? Ini Caranya!

Kompas.com - 10/11/2011, 15:06 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ingin berburu informasi seputar pendidikan tinggi di Eropa? Event European Higher Education Fair alias Pameran Pendidikan Tinggi Eropa yang akan digelar di Jakarta (12-13 November) dan Medan (15 November) ini, tak boleh Anda lewatkan. Di Jakarta, pameran akan diadakan di Jakarta Convention Centre (JCC), sedangkan di Medan, digelar di Grand Aston City Hall Hotel.

Nah, untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung pada pameran pendidikan Eropa terbesar itu, pihak penyelenggara sengaja memberikan layanan pendaftaran secara online (online registration). Layanan tersebut diberikan, selain untuk memecah antrean pengunjung saat memasuki arena pameran, juga untuk mendapatkan database mengenai jumlah pengunjung pameran.

Project Manajer EHEF 2011, Daniel Darmawan mengatakan, meski pada dasarnya gratis, pihaknya membutuhkan database mengenai jumlah pengunjung pameran tersebut. Oleh karena itu, sebelum datang ke pameran, pengunjung diwajibkan untuk mengisi formulir mengenai pameran ini.

"Jika dengan online registration di www.ehefindonesia.com, masyarakat yang berminat mengunjungi dapat memilih kota dan akan mendapatkan balasan secara otomatis. Email balasan itulah yang nantinya harus di-print dan dibawa saat mengunjungi pameran," kata Daniel, Kamis (10/11/2011), di Jakarta.

Keuntungan bagi yang melakukan registrasi online, kata Daniel, para pengunjung tidak perlu lagi mengantre dan akan mendapatkan prioritas. Sebab, meski terbuka bagi siapa saja, jika para pengunjung membludak, maka penyelenggara akan mengutamakan pengunjung yang telah melakukan registrasi secara online.

"Dan misalnya nanti benar-benar penuh, akhirnya kita akan mengutamakan yang sudah memiliki online registration dibanding dengan pengunjung yang mengisi formulir di lokasi pameran," jelasnya.

Tahun ini, EHEF di Jakarta akan diramaikan oleh 96 institusi pendidikan tinggi, 14 dari kedutaan besar beberapa negara Eropa, dan sisanya merupakan perwakilan dari universitas terkemuka di negara-negara Eropa. Negara Eropa yang hadir meramaikan pameran ini adalah Inggris, Belanda, Jerman, Swedia, Hungaria, Irlandia, Spanyol, Belgia, Italia, dan sejumlah negara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com