Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Pasar Potensial Institusi Pendidikan Eropa

Kompas.com - 11/11/2011, 08:41 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk kali ketiga, European Higher Education Fair (EHEF) 2011 atau Pameran Pendidikan Tinggi Eropa kembali digelar di Indonesia. Sebelumnya, perhelatan yang sama juga diadakan pada tahun 2008 dan 2010. Bukan tanpa alasan, puluhan bahkan ratusan institusi pendidikan di Eropa mengharapkan pameran digelar setiap tahun. Salah satu alasannya, Indonesia dipandang sebagai pasar potensial bagi institusi pendidikan di Eropa.

"Karena banyak permintaan dari institusi pendidikan di Eropa, akhirnya pameran ini kita gelar setiap tahun. Itu karena Eropa melihat Indonesia adalah negara yang potensial," kata Project Manager EHEF 2011, Daniel Darmawan, Kamis (10/11/2011), di Jakarta.

Selain itu, kata Daniel, Eropa juga ingin memberikan pemahaman yang lebih luas tentang sistem pendidikan di Eropa kepada masyarakat Indonesia. Sebab, banyak institusi pendidikan di Eropa yang memberikan layanan pendidikan murah dan gratis.

"Tapi karena kendala bahasa atau minimnya informasi, maka kami ingin memberikan pemahaman mengenai itu, salah satu caranya melalui pameran ini," ujar Daniel.

Targetkan 20.000 pengunjung

Penyelenggaraan EHEF tahun ini sendiri menargetkan 20.000 pengunjung yang akan berburu informasi seputar pendidikan tinggi di Eropa. Daniel mengungkapkan, pada EHEF 2008, pihaknya menargetkan 5.000 pengunjung dan ternyata pameran itu dihadiri tak kurang dari 15.000 pengunjung.

Sementara, pada tahun 2010, jumlah pengunjung mencapai 12.000 orang, dari yang ditargetkan 6.000 pengunjung. Kelompok pengunjung terbesar adalah mahasiswa dan lulusan universitas (usia 21-27 tahun) yang tertarik pada jenjang pendidikan S-2 jurusan bisnis. Menurut dia, beasiswa dan standar akademis yang tinggi adalah yang disebut pengunjung tahun lalu sebagai dua alasan utama ketertarikan mereka memilih Eropa sebagai pilihan menarik untuk melanjutkan studi.

"Tahun ini, EHEF kita gelar di Jakarta Convention Center (JCC) dan Grand Aston City Hall Hotel, Medan, kita targetkan 12.000 pengunjung. Sampai saat ini, pengunjung yang melakukan registrasi secara online sudah lebih dari 4.000, kami optimistis pengunjung akan membludak sampai 20.000," kata Daniel.

Pameran pendidikan tinggi Eropa tahun ini digelar di Jakarta pada 12-13 November 2011, dan di Medan pada 15 November 2011. Para pengunjung diminta melakukan registrasi secara online di www.ehefindonesia.com terlebih dahulu sebagai tanda masuk ke arena pameran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com