Sabtu, 29 November 2014

News / Edukasi

Dibangun, Perpustakaan Standar Internasional di Jakarta

Rabu, 16 November 2011 | 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perpustakaan bertaraf internasional dengan konsep green building akan segera dibangun di Jakarta. Rencananya, pembangunan ini akan mengambil lokasi di Gedung Arsip Jayakarta yang terletak di Jalan Raya Cikini No 73, Jakarta Pusat.

"Jakarta sudah punya perpustakaan tingkat kotamadya yang sedang mengarah ke standar internasional. Tapi belum punya perpustakaan tingkat provinsi berstandar internasional," kata Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta, Maman Achdiyat, di Jakarta, Rabu (16/11/2011).

Anggaran yang akan digelontorkan untuk biaya rehab berat gedung tersebut sudah dimasukkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2012, yakni sebesar Rp 19 miliar.

Pemilihan Gedung Arsip Jayakarta ini karena sesuai kriteria dari UNESCO untuk bangunan perpustakaan.

"Letaknya cukup strategis di Cikini. Di lokasi ini juga terdapat kawasan wisata budaya, perguruan tinggi, planetarium, dan gedung teater," jelas Maman.

Rencana untuk membangun perpustakaan bertaraf internasional ini sebenarnya sudah ada sejak 2010. Namun, saat itu, baru dilakukan kajian analisis saja. Setelah kajian ini selesai, akan mulai dibuat desain konstruksinya.

"Lelang dan pengerjaan konstruksi fisiknya baru dilakukan pada tahun 2012. Rehab berat gedung ini target selesai pada akhir tahun 2012 sehingga bisa dibuka untuk umum mulai awal 2013," kata Maman.


Penulis: Riana Afifah
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary