Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud: Terus Pantau Rehabilitasi Sekolah

Kompas.com - 21/11/2011, 16:19 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, proses rehabilitasi ribuan sekolah yang masuk dalam kategori rusak ringan dan berat saat ini terus berlangsung. Mulai minggu depan, Nuh akan meninjau lokasi beberapa sekolah yang masuk dalam program rehabilitasi tersebut.

"Sekarang rehabilitasi masih terus berjalan. Rencananya kami akan meninjau ke beberapa titik, seperti Bogor, dan Banten. Atau daerah lain jika kebetulan saya sedang berdinas," kata Nuh, Senin (21/11/2011), di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Tidak hanya itu, Nuh juga berjanji akan terus memantau pelaksanaan program rehabilitasi tersebut. Salah satunya dengan cara pemantauan melalui gambar yang dikirimkan melalui internet.

"Sejauh ini sudah banyak laporan yang masuk dan ribuan sekolah sudah mulai direhabilitasi," ujarnya.

Meski begitu, ia menjelaskan, sampai saat ini belum ada satu sekolah pun yang selesai direhabilitasi. Hal itu mengingat program rehabilitasi sekolah rusak baru berjalan sekitar satu bulan lalu. Nuh berharap dalam satu bulan ke depan sudah ada perkembangan yang signifikan terkait program rehabilitasi sekolah itu.

"Belum ada yang selesai karena baru satu bulan. Saya kira butuh dua bulan untuk menyelesaikannya. Karena ini bukan renovasi, tetapi rehabilitasi," katanya.

Jauh hari sebelumnya, Mendikbud menargetkan akan memperbaiki 21.500 ruang belajar. Jumlah tersebut terbagi untuk tingkat SD sebanyak 18.000 ruang kelas dan SMP 3.500 ruang kelas dengan jumlah anggaran sekitar Rp 2,8 triliun yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com