Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Pendidikan Hambat Pengembangan Kewirausahaan

Kompas.com - 22/11/2011, 23:36 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

SLAWI, KOMPAS.com - Pengembangan kewirausahaan di Indonesia masih terkendala beberapa hambatan, antara lain pendidikan, sikap masyarakat, akses permodalan, dan kebijakan pemerintah.

Oleh karena itu, para calon pelaku usaha, terutama para pemuda, harus difasilitasi, agar tergerak untuk membuka usaha yang inovatif .

Hal itu disampaikan Deputi Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi, Tatang A Taufik, usai peluncuran program iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) pemuda dan pengukuhan lembaga inkubator daerah Pertiwi Techno Center, di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (22/11/2011).

Menurut dia, selama ini pendidikan di Indonesia masih belum mengajarkan sistem kewirausahaan, sehingga sebagian besar pemuda memilih untuk menjadi pegawai. Sikap masyarakat juga masih memandang pegawai memiliki status lebih. Selain itu, pelaku usaha masih kerap menghadapi kendala perizinan dari pemerintah, serta kendala akses permodalan.

Oleh karena itu, menurut Tatang, upaya fasilitasi perlu dilakukan antara lain melalui program iptek pemuda dan lembaga inkubator daerah. Program iptek pemuda dimaksudkan untuk mendorong kreatifitas pemuda, sedangkan inkubator daerah dimaksudkan untuk memfasilitasi dan mendampingi para calon pengusaha, agar bisa mengembangkan usaha-usaha baru yang kreatif.

BPPT, lanjutnya, mendampingi lembaga inkubator di daerah, yang dibentuk bersama dengan dinas perindustrian setempat. Hingga saat ini, terdapat tujuh lembaga inkubator daerah yang terbentuk, yaitu di Kabupaten Cimahi, Kota Pekalongan, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Gunung Kidul, serta Kabupaten Tegal. Sebenarnya ada 14 daerah yang didampingi, tetapi yang sudah memiliki inkubator tujuh daerah, katanya.

Selama proses inkubasi, para calon pengusaha diberi pelatihan dan fasilitas, antara lain dalam bisang pemasaran dan akses bisnis. Menurut Tatang, rata-rata, masa inkubasi yang dibutuhkan para calon pengusaha hingga menjadi pengusaha yang mampu mengembangkan usaha sekitar 3,5 tahun.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tegal, Suharmanto, menambahkan, Pemkab Tegal tergerak untuk menyelanggarakan lembaga inkubator daerah, karena lembaga itu akan memfasilitasi pengusaha baru agar bisa berkembang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com