Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Cermat Sebelum Studi ke Luar Negeri

Kompas.com - 23/11/2011, 08:33 WIB
Indra Akuntono

Penulis

KOMPAS.com -  Keinginan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, mungkin menjadi keinginan banyak pelajar di Indonesia. Kesempatan merasakan atmosfer pendidikan di negara lain akan menambah pengalaman, wawasan, pengetahuan, dan tentunya jaringan dari berbagai negara. Untuk mewujudkan keinginan itu, sebaiknya direncanakan secara matang. Jangan pernah gegabah, tergesa-gesa, dan kurang cermat dalam mengambil keputusan.

Lantas, hal apa sajakah yang perlu menjadi perhatian utama sebelum memutuskan untuk studi di luar negeri?

Team Coordinator Education Promotion Netherlands Education Support Office (NESO) Indonesia, Ariono Hadipuro mengatakan, ketika memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negeri, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah kualitas pendidikan di negara yang akan menjadi tujuan. Beberapa hal yang patut dipertimbangkan, diantaranya, apakah memiliki program studi yang diinginkan, bagaimana kualitasnya, dan berbagai hal lainnya.

Menurut Ono, pelajar yang ingin melanjutkan studi di luar negeri harus cermat menentukan pilihannya. Hal itu untuk menghindari penyesalan ketika nantinya sudah terlanjur menjalani pendidikan di suatu program studi. Mengingat, studi luar negeri merupakan investasi waktu dan uang, dan pilihan sekali seumur hidup.

"Karenanya orang harus berhati-hati dalam mengambil keputusan. Keputusan memilih negara, program studi, dan universitas," kata Ono, kepada Kompas.com, di sela pameran pendidikan Eropa pekan lalu.

Kecermatan dalam menentukan pilihan studi di luar negeri, menurutnya, berguna untuk menghindari kerugian ganda. Sebab, studi di luar negeri akan membuat lebih banyak yang "dikorbankan", seperti  waktu dan biaya, dibandingkan menjalani studi di dalam negeri.

"Memang reaksi orang berbeda-beda ketika sadar telah salah menentukan pilihan. Ada yang tetap melanjutkan, dan ada juga yang memilih berhenti di tengah jalan. Sekali lagi, perhatikan semua aspek sebelum memutuskan untuk studi di luar negeri," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com