Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuh: Terima Kasih, Guru...

Kompas.com - 25/11/2011, 10:16 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdikbud) menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada hari ini, Jumat (25/11/2011), di Gedung Kemdikbud, Jakarta.

Upacara yang langsung dipimpin oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendikbud), Mohammad Nuh ini dihadiri oleh seluruh jajaran kementerian.

Dalam pidatonya, Nuh menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru, tenaga pendidik dan kependidikan, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Dalam kesempatan ini pula saya ucapkan selamat memperingati Hari Guru Nasional 2011 dan sekaligus selamat hari ulang tahun ke-66 PGRI," kata Nuh.

Ia mengatakan, hanya seorang guru yang mampu menyentuh pinggiran masa depan. Profesi guru menjadi jauh lebih menarik daripada profesi lainnya, karena dapat bersentuhan dengan para peserta didik yang mewakili masa depan. Baginya, itulah jawaban sesungguhnya guru teladan.

Kemampuan menyentuh masa depan, kata dia, walau hanya pinggirannya tetapi menempatkan guru pada tanggung jawab yang sangat berat, namun mulia. Kesempatan itu tidak dimiliki oleh profesi yang lain.

"Pada diri guru tertumpu beban tanggung jawab menyiapkan masa depan yang lebih baik, berfungsi sebagai jembatan bagi para peserta didik untuk melintas menuju masa depan mereka," ujarnya.

Menurutnya, masa depan para peserta didik tergantung "jembatan" tersebut. Dari tiga penggalan masa (masa lalu, masa kini, dan masa depan), masa depanlah yang menjadi tujuan dengan memanfaatkan sebaik-baiknya masa lalu dan masa kini.

"Tugas guru sangat mulia karena menyiapkan generasi penerus demi masa depannya yang lebih baik, lebih berbudaya, dan sekaligus membangun peradaban. Dengan demikian, secara hakiki dan asasi, guru adalah mulia. Menjadi guru adalah menjadi mulia, bahkan kemuliaannya sama sekali tidak memerlukan atribut tambahan,"  papar Nuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com