Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Guru Dianugerahi Satya Lencana Pendidikan

Kompas.com - 30/11/2011, 09:21 WIB
Indra Akuntono

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono akan menganugerahi  tanda kehormatan Satya Llencana Pendidikan kepada lima orang guru dan kepala sekolah berprestasi serta berdedikasi luar biasa dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Tanda kehormatan tersebut diberikan secara resmi pada puncak peringatan Hari Guru Nasional 2011, dan HUT PGRI ke 66, Rabu (30/11/2011), di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Anugerah Satya Lencana diberikan atas dharma bakti pendidik dan tenaga kependidikan, pendidikan formal dan nonformal dengan masa bakti minimal 8 tahun.

Adapun, kelima guru dan kepala sekolah yang menerima anugerah tersebut adalah Abdul Hajar (SMAN 3 Makassar), Herfen Suryati (YPVDP Bontang), Imron Rosidi (SMKN 2 Pasuruan), Mustafa (SMKN 4 Makassar), dan Akib Ibrahim (Kepala SMKN 1 Pacet, Cianjur).

Selain dihadiri oleh Presiden RI beserta ibu negara, puncak peringatan Hari Guru Nasional 2011 dan HUT PGRI ke 66 ini juga dihadiri para ketua lembaga tinggi negara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, dan. Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Ketua Pengurus Besar PGRI, Sulistyo, dan sekitar 4500 guru dari provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Hari Guru diperingati setiap tanggal 25 November. Tema peringatan Hari Guru tahun ini adalah "Meningkatkan Peran Strategis Guru untuk Membangun Karakter Bangsa" dengan sub tema "Peningkatan Kinerja Guru untuk Pendidikan Bermutu", bertujuan meningkatkan kesadaran dan komitmen guru terhadap budaya mutu di kalangan guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu, tema tersebut juga bermaksud meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pensisik profesional dan bermartabat bagi semua anak bangsa dalam meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu, serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dalam membangun pendidikan karakter bangsa yang cerdas, komprehensif, dan bermartabat.

Selain diselenggaralan di tingkat nasional, hari guru juga akan diperingati di berbagai daerah. Antara lain di isi dengan kegiatan forum ilmiah guru, seminar peningkatan profesionalisme guru, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com