Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilaporkan ke KPK, Gumilar Senang

Kompas.com - 30/11/2011, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Soemantri merespons positif laporan yang disampaikan gerakan "Save UI" kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin lalu, terkait dugaan korupsi sejumlah proyek di universitas yang dipimpinnya. Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (29/11/2011), Gumilar mengatakan, laporan tersebut memberikan kesempatan untuk membuktikan kebenaran secara hukum.

"Saya justru senang ada pihak yang melaporkan kepada KPK. Dengan demikian, secara konstitusional akan dibuktikan kebenaran secara hukum sehingga fitnah, rumor, dan upaya yang bertujuan melakukan pembunuhan karakter bisa dihindari," kata Gumilar.

Secara pribadi, ia menyatakan, akan menghormati proses hukum. "Di sisi lain, UI sebagai lembaga harus mampu memberikan contoh penerapan GCG dan karenanya menyambut baik laporan ke KPK tersebut," ujarnya.

Laporan yang disampaikan kepada KPK terkait tidak transparannya laporan keuangan UI, khususnya dalam proyek pembangunan boulevard dan perpustakaan serta biaya perjalanan dinas rektor ke luar negeri. Menurut Gumilar, laporan keuangan dan tata kelola UI sangat transparan dan akuntabel. Ia mengungkapkan, laporan keuangan UI sejak tahun 2008 hingga 2010 telah diaudit oleh akuntan publik yang ditunjuk Majelis Wali Amanat melalui proses tender terbuka. Audit eksternal itu, menurut dia, memberikan penilaian tertinggi bagi laporan keuangan UI, yaitu wajar tanpa pengecualian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com