Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Si Budi dan Kabar Baik Indonesia" Menangi Lomba Blog

Kompas.com - 30/11/2011, 11:12 WIB
Icha Rastika

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Empat mahasiswa yakni Irwan Sitinjak, Arnis Silvia, Wana Darma, dan Satria keluar sebagai pemenag lomba menulis blog yang diselenggarakan Djarum Foundation. Keempatnya dinilai mampu membuat tulisan blog yang orisinil dan kreatif serta berwawasan budaya.

Pengumuman pemenang sekaligus pemberian penghargaan bagi para pemenang itu berlangsung dalam Malam Puruhita Beswan Djarum, di Semarang, Selasa (29/11/2011) malam.

Irwan Sitinjak, mahasiswa Universitas Sumatera Utara menyabet juara pertama lewat tiga tulisan di blognya yang berjudul "Si Budi dan Kabar Baik Indonesia", "Literasi Media Seharusnya Menjadi Budaya Baru Indonesia", dan "I am Sorry for being Batak Dale". Judul tulisan terakhir menceritakan bagaimana menjadi seorang Batak yang buta terhadap budaya daerahnya atau disebut "Batak dale".

Sebagai bentuk penghargaan terhadap Irwan, Djarum Foundation memberikan hadiah berupa laptop, Apple MacBook Air.

"Perasaan saya senang sekali, enggak nyangka. Awalnya memang suka nge-blog, pengen coba. Ketika lihat beberapa tulisan peserta lain Beswan, mereka luar biasa. Aku langsung pasrah saja," kata Irwan yang ditemui seusai acara.

Sementara itu, juara kedua diraih Arnis, mahasiswa Universitas Jember. Anis yang merupakan beswan (penerima beasiswa) Djarum tahun 2007-2008 itu memperolah Apple IPad 2 sebagai penghargaan. Juara ketiga diraih Wana Darma, mahasiswa Universitas Gajah Mada yang juga alumni beswan Djarum angkatan 2009-2010. Sebagai bentuk apresiasi, dia memperoleh sebuah i-Phone.

Adapun Satria, mahasiswa Universitas Sumatera Utara, memenangi juara favorit.

Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H Serad mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya penulisan blog selain lomba karya tulis ilmiah agar lebih mengasah kreatifitas mahasiswa.

"Tidak hanya di dunia sekolah saja tapi juga di blog," katanya.

Lomba blog beswan Djarum ini diadakan setiap tahunnya sejak dua tahun lalu. Karya yang dianggap layak menang adalah yang sesuai dengan tema, tulisan menarik, kreatif, orisinil, dan terstruktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com