Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Puji "E-Voting" dalam Pemilihan Ketua IA ITB

Kompas.com - 03/12/2011, 17:01 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) periode 2007-2011 Hatta Radjasa turut menghadiri kongres sekaligus pemilihan Ketua IA ITB Periode 2011-2015. Menko Perekonomian RI ini menilai,  demokrasi kampus menjadi salah satu cerminan demokrasi yang luar biasa.

"Ada tiga hal yang tercermin dari kegiatan ini. Dari sisi demokrasi, kegiatan ini menjadi sebuah cerminan demokrasi kampus yang sudah berjalan sejak tahun 1976. Ini luar biasa. Tradisi ini harus bertahan," kata Hatta disela-sela acara, di Bandung, Sabtu (3/12/2011).

Hal lain yang dipuji Hatta adalah sistem pemilihan yang untutk pertama kalinya menggunakan sistem e-voting. Menurutnya, penggunaan teknologi pada pemilihan Ketua IA ITB menjadi sebuah pembelajaran dalam pemungutan yang menggunakan teknologi pemungutan suara yang bisa dipertanggungjawabkan, akurat dan sederhana.

"Sistem e-voting ini terkoneksi dengan suatu sistem intranet yang terhubung dengan TPS- nya," ujarnya.

Disinggung apakah sistem ini layak diterapkan pada pemilihan presiden, Hatta menegaskan, ia tidak mau menunjukkan sistem ini paling bagus untuk diterapkan pada pemilihan yang lebih besar.

"Saya tidak mau ge-er. Disini (sistem e-votting), ITB bisa memberi contoh aplikasi yang bisa mempermudah sebuah pengambilan suara," katanya.

Sebanyak lima kandidat calon akan bertarung pada pemilihan Ketua IA ITB periode 2011-2015. Kelima calon tersebut adalah, Amir Sambodo (Staf Khusus Menko Perekonomian), Hermanto Dardak (Wakil Menteri PU), Dasep Ahmadi (Enterpreneur), Nining Soesilo (Dosen UI), dan Sumaryanto (Deputi Bidang Infrastruktur dan Logistik di Kementrian BUMN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com