Rabu, 3 September 2014

News / Cyberlife

Asyiknya Bekerja di "Taman Bermain" Kaskus

Selasa, 6 Desember 2011 | 20:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kaskus, situs komunitas online terbesar di Indonesia, telah menempati kantor barunya sejak November 2011. Kantor yang bertempat di gedung parkir Menara Palma lantai 10 dan 11, Kuningan, Jakarta, ini diberi nama New Kaskus Playground.

Dengan tema treasure hunt, Kaskus hendak menyajikan suasana kerja yang menyenangkan agar para karyawan tak hanya menganggap Kaskus sebagai kantor, tetapi juga rumah yang memberi pengalaman tak terlupakan.

"Kami ingin membuat rasa nyaman untuk karyawan. Seakan-akan mereka ke kantor bukan untuk bekerja, tetapi untuk bermain dan bertemu teman," kata Chief Technology Officer Kaskus Andrew Darwis, saat acara Kaskus Office Warming, Selasa (6/12/2011).

Andrew dan Chief Executive Officer Kaskus Ken Dean Lawadinata memang sengaja mengadopsi desain Kantor Google dan Facebook, sebagai bukti keseriusan Kaskus mengelola industri kreatif berbasis teknologi informasi (TI). Mereka berharap industri TI di Indonesia bisa mendunia sehingga programmer-programmer lokal tak perlu lagi bekerja di perusahaan asing ataupun luar negeri.

Memasuki lantai 10 kantor baru Kaskus, pengunjung akan langsung bertemu dengan kantin. Lantai ini dihuni bagian keuangan, pemasaran, dan pusat data. Menurut Raul Renanda, desainer interior kantor baru Kaskus, lantai 10 ini menceritakan obsesi Kaskus di masa depan.

Sementara di lantai 11, taman rumput (sintesis) golf mini yang diiringi suara burung dan gemericik air, didesain sebagai ruang tunggu. Pengunjung bisa bermain golf sambil menunggu orang yang ingin ditemui datang. Uniknya lagi, di taman golf mini ini pohon-pohonnya dipasang dalam posisi terbalik.

Lantai ini ditempati oleh bagian kreatif, promosi, dan pengembangan. Ruang kerja mereka diberi nama "Playground". Penempatan meja dibuat tidak simetris dan tidak disekat. Ruangan khususnya, seperti ruang rapat dan ruang para programmer, hanya dipartisi dinding kaca.

Ada juga ruang bermain di mana para karyawan bebas memainkan Nintendo Wii dan gim musik Guitar Hero. "Desain di lantai 11 ini menjelaskan apa itu Kaskus secara tiga dimensi, bukan secara maya," tutur Raul, yang menggambarkan Kaskus dalam enam kata: controlled chaos, community, wonderland, journey, experience, dan movement.

Pada 6 November lalu usia Kaskus genap 12 tahun. Setelah menjalin kerja sama dengan anak perusahaan Grup Djarum, Global Digital Prima, pada awal 2011, Kaskus mulai menambah server dan menambah jumlah karyawan. Kini, Kaskus sedang merancang tampilan baru situs yang sudah memasuki proses akhir dan akan diluncurkan tahun depan.

Hingga tahun ini, jumlah halaman yang terakses di Kaskus mencapai 800 juta kunjungan per bulan. Pada 2012 nanti, Kaskus menargetkan 1 miliar halaman terakses setiap bulannya.


Editor : Reza Wahyudi