Sabtu, 20 Desember 2014

News / Edukasi

TIPS

Penting, Memahami Format Tes IELTS

Rabu, 7 Desember 2011 | 13:08 WIB

KOMPAS.com - IELTS merupakan salah satu yang dipersyaratkan jika hendak melanjutkan studi di negara yang menggunakan pengantar bahasa Inggris. Menjelang akhir tahun, biasanya, kesempatan untuk studi ke luar negeri terbuka lebar. Sudahkah Anda mempersiapkan ILETS sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris Anda mumpuni?

IELTS menjadi tolok ukur kemampuan membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Selain itu, akan menunjukkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi, baik ketika bekerja, belajar, mau pun hidup di sebuah negara yang berpengantar bahasa Inggris. Untuk mendapatkan skor IELTS maksimal, ada beberapa hal yang harus dipahami. Yang terpenting adalah pastikan bahwa Anda memahami bagaimana format tes IELTS. Nah, ada beberapa strategi yang dikutip dari situs British Council, dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tes IELTS.

Mengapa harus memahami format tes IELTS?

- Memahami format tes akan membuat Anda mengetahui apa yang diharapkan dari hasil tes
- Akan membuat kita lebih teliti terhadap isi dari setiap bagian tes, baik itu mendengar, membaca, menulis, dan berbicara
- Mengetahui perbedaan dari tipe-tipe pertanyaan yang akan ditanyakan pada setiap bagian.

Setelah terbiasa dengan format tes, Anda perlu melakukan sejumlah hal agar lebih fokus. Berbagai persiapan yang bisa dilakukan, diantaranya:

- Periksa kertas pengujian dan jawaban
- Coba melakukan tes dengan waktu yang telah dikondisikan
- Anda bisa melakukan persiapan dengan memanfaatkan sumber yang bisa diakses gratis, salah satunya IELTS oleh British Council, terutama jika Anda akan mengikuti tes di British Council.
- Belilah buku dan material IELTS yang bisa Anda pelajari sendiri

Hal lain yang perlu diketahui adalah ada dua versi tes IELTS yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. IELTS Academic biasanya untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris guna kepentingan akademis. Adapun, IELTS General Training untuk kemampuan praktik berbahasa Inggris dalam konteks sehari-hari.


Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Sumber: