Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Diharapkan Berperan Membangun Karakter Bangsa

Kompas.com - 13/12/2011, 02:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengharapkan para guru di seluruh Indonesia untuk berperan aktif dalam membangun karakter bangsa dan membudayakan Pancasila.

"Guru harus berperan aktif dalam membangun karakter bangsa dan membudayakan Pancasila," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim pada acara "Rembuk Nasional Pembangunan Karakter Bangsa" di Jakarta, Senin (12/12/2011).

Musliar menjelaskan, pembentukan karakter bangsa sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dekat dengan nilai-nilai pancasila.

"Untuk itu diperlukan pendidikan bagi masyarakat di bidang agama, sosial, budaya dan lain sebagainya yang bertujuan untuk membangun karakter dan membudayakan pancasila khususnya bagi generasi muda penerus bangsa," katanya.

Dia juga menambahkan, membangun karakter bangsa bukan hanya menjadi tugas bagi guru di pendidikan formal melainkan juga di pendidikan informal.

Dia juga menambahkan, pembangunan karakter bangsa juga harus dilakukan pada berbagai lingkup kehidupan baik keluarga, sekolah, maupun masyarakat yang disertai dengan pelembagaan nilai-nilai pancasila.

"Strategi yang harus ditempuh adalah dengan mengintegrasikan semua sumber daya sosial dan budaya, semua elemen bangsa, semua unsur penyelenggara negara dan unsur pimpinan bangsa," katanya.

Untuk mendukung upaya tersebut, menurut dia perlu dilakukan aksi oleh semua elemen bangsa sesuai dengan peran dan kedudukannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com