Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nuh Antisipasi Batas Akhir MWA 15 Januari 2012

Kompas.com - 23/12/2011, 16:44 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pihaknya mempersiapkan langkah untuk mengantisipasi tanggal 15 Januari 2012 yang menjadi batas waktu akhir bagi Universitas Indonesia karena berakhirnya masa kerja Majelis Wali Amanah (WMA) UI. Langkah ini terkait dengan kontroversi kursi rektor UI yang kini dijabat Gumilar Rusliwa Somantri.  

"Salah satu di antaranya yang harus diantisipasi MWA habisnya 15 Januari 2012 lagi. Kalau sampai dengan 15 Januari besok belum ketemu, berarti di-refresh atau dipilih kembali," kata M Nuh disela rapat kerja pemerintah di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2011).

Pada Kamis (22/12/2011) malam, Nuh memediasi antara para anggota MWA UI dan Rektor UI di Kantor Kemdikbud, Jakarta.

"Tadi malam sudah ketemu dan sudah bersepakat. Jadi, setelah kami tanyakan hasil yang 13 September (mediasi pertama) dulu, ternyata belum," katanya.

Seusai pertemuan, Nuh mengungkapkan, jika hingga 15 Januari 2012 tim transisi belum selesai membentuk SAU atau MWA yang baru, MWA yang ada saat ini akan diperpanjang masa baktinya sampai dengan dibentuknya MWA yang baru.

"MWA yang baru masa baktinya sampai dengan September 2013. MWA ini juga yang akan memilih rektor yang baru," kata Nuh.

Sementara itu, pada mediasi malam tadi, kedua belah pihak akhirnya memiliki kesepakatan yang bulat dan menjadi komitmen bersama. Inti dari hasil rapat malam ini adalah, pertama, Rektor Universitas Indonesia (UI) dan Majelis Wali Amanat (MWA) dinyatakan masih aktif sebagai organ dalam tubuh UI.

"Kami menggunakan pendekatan semuanya hidup. Karena semuanya hidup, kita bisa berdialog. Tapi jika salah satunya mati, maka harus berdialog kepada siapa," kata Nuh.

Berikutnya, disepakati pula untuk membentuk tim transisi yang keanggotaannya merupakan representasi dari semua pemangku kepentingan, yaitu MWA, eksekutif, Dewan Guru Besar (DGB), Senat Akademik Universitas (SAU), Dewan Audit, mahasiswa, dan karyawan.

Nuh menjelaskan, tim transisi ini bertugas menyiapkan semua hal yang terkait dengan UI sepanjang masa transisi. Tim ini harus mengusulkan sejumlah nama untuk membentuk tim SAU baru selambat-lambatnya pada 29 Desember 2011 pukul 16.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com