Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga PTN Tangani SNMPTN di Makassar

Kompas.com - 10/01/2012, 10:27 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Tiga perguruan tinggi negeri (PTN) akan menangani pelaksanaan Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 di Makassar, yakni Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Makassar (UNM), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Wakil Rektor I Unhas Prof Dr Dadang Ahmad Suriamiharja mengatakan, selama ini, pelaksanaan SNMPTN ditangani sendiri-sendiri oleh setiap PTN.

Salah satu kesepakatan rapat gabungan ketiga PTN di Makassar adalah pencetakan soal ujian SNMPTN tidak akan dilakukan di Makassar, tetapi di kota lain. Langkah itu, jelas Dadang, dimaksudkan sebagai upaya mencegah terjadinya praktik joki yang selalu ditengarai dan dihubungkan dengan kemungkinan adanya kebocoran soal.

"Selama ini selalu dicurigai jika ada joki tertangkap, selalu dirangkaikan dengan isu soal bocor. Untuk mencegah terjadinya isu seperti ini, kita putuskan mencetak soal tidak di Makassar," kata Dadang, Senin (9/1/2012), di Makassar, Sulawesi Selatan.

Rapat tersebut dihadiri Syahtir Mahmud dari UNM, Ahmad M. Sewang, Pembantu Rektor I UIN, Hj Nurareni Gani (Kepala Biro Administrasi Akademik UIN), Betty E. Duma (Karo Akademik Unhas), A. Mukmin (Karo Keuangan Unhas), Alimin Bado dan Amiruddin dari Pengelola Data Unhas.

Perkiraan pelaksanaan SNMPTN sendiri diprediksi mengacu pada jadwal tahun 2011. Hingga saat ini, belum ada jadwal resmi dari panitia pusat SNMPTN perihal waktu pelaksanaan penerimaan pendaftaran mahasiswa baru tahun 2012.

Kepala Humas Unhas M. Dahlan Abubakar menjelaskan, sesuai jadwal tahun 2011, pelaksanaan pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan dilaksanakan mulai 1 Februari-12 Maret 2012. Para siswa yang diperbolehkan mendaftar melalui jalur ini adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK (Madrasah Aliyah Keterampilan) yang duduk di kelas 12 dan akan mengikuti ujian nasional tahun 2012.

Siswa tersebut mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah dan memiliki prestasi akademik terbaik dengan peringkat yakni sekolah dengan akreditasi A (kelas akselerasi) peringkat yang diterima 100 persen atau seluruh siswa.

Jumlah pendaftar SNMPTN pada tiga PTN di Makassar diperkirakan mencapai 40.000 orang. Pendaftar SNMPTN di Unhas pada tahun 2011 mencapai 22.061 orang. Selain menerima mahasiswa baru melalui SNMPTN jalur undangan, PTN juga menerima melalui ujian tulis SNMPTN. Namun, Kemendiknas menetapkan jumlah mahasiswa baru yang diterima melalui SNMPTN minimal 60 persen dan melalui jalur mandiri maksimal 40 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com