Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Indonesia di Inggris Publikasi Karya Tulis di Amazon

Kompas.com - 10/01/2012, 13:54 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Inggris melakukan terobosan terbaru dengan  memublikasikan karya tulis ilmiah di Amazon, sebagai hasil dari Konferensi Temu Ilmiah Karya Tulis Indonesia (TIIMI) di London tahun lalu .

Konferensi bertema "Science Development and Sustainability in Indonesia," mengambil delapan karya ilmiah terbaik seluruh peserta yang tengah menjalani studi S-1 dan  S-2, baik di luar negeri mau pun di Indonesia. Hal itu dikatakan Dr. Dessy Irawati dari Newcastle University, salah satu editor karya tulis ilmiah, seperti dikutip Antara, Selasa (10/1/2012).

Dessy mengatakan, setelah melalui tahapan revisi yang panjang dan memakan waktu, tim editor dan para penulis akhirnya bisa bernafas lega, dengan diterbitkannya buku ini melalui situs Amazon. Menurut Dessy, buku tersebut merupakan kompilasi dari karya tulis yang bertujuan untuk memberikan inspirasi dan wacana mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dari segi teknik dan non-teknik serta keterkaitannya dengan keberlangsungan.

Proyek buku ini beranggotakan tiga orang editor utama yang bertanggungjawab merevisi dan menjalankan proses produksi. Selain Dessy, dua editor lainnya adalah Dr. Yanuar Nugroho dari Manchester University, dan Dr. Dedy Loebis yang berdomisili di Cambridge. Mereka merupakan ilmuwan dan peneliti serta pelaku bisnis di Inggris Raya.

Dessy mengakui, penerbitan karya ilmiah melalui buku seperti ini akan memberikan nilai akademik bagi para mahasiswa.

"Seperti yang sudah menjadi wacana umum bahwa publikasi sangatlah penting bagi tolok ukur prestasi di kalangan akademisi. Apalagi kalau publikasi itu bertaraf international," ujarnya.

Di samping itu, penerbitan buku bertujuan untuk memacu para ilmuwan muda dan mahasiswa Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuan menulis karya ilmiah di tingkat internasional. Kemampuan ini, menurutnya, belum sepenuhnya dimiliki  pelajar Indonesia untuk berpacu dalam publikasi di tingkat internasional.

Tim editor juga berharap, buku ini bisa dibeli dan dicontoh oleh PPI dunia yang lain serta pihak civitas akademika Indonesia. Tujuannya, untuk bersama-sama mempromosikan pendidikan dan ilmu pengetahuan Indonesia di kancah internasional.

Dengan diterbitkannya buku ini melalui Amazon, diharapkan dapat disalurkan kepada para pembeli di seluruh dunia. Sebab, dengan fasilitas e-book, pembeli dapat mengakses buku ini secara online, setelah melakukan pembelian dan memilih fasilitas e-book.

"Buku ini dibuat oleh kami, putera-puteri Indonesia di Inggris Raya, dan dipersembahkan kepada Indonesia tercinta, sebagai bentuk rasa cinta dan peduli kami, meski jauh dari Tanah Air tercinta. Besar harapan kami untuk bisa memberikan kontribusi ilmu dan wacana bagi kalangan akademisi di Tanah Air dan terus membangun benang merah yang tak akan pernah terputus," papar Dessy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com