Jumat, 24 Oktober 2014

News / Gadget

Lumia 900, Senjata Andalan Microsoft Bergulat di Pasar AS

Selasa, 10 Januari 2012 | 21:03 WIB

Terkait

LAS VEGAS, KOMPAS.com — Pada saat melakukan keynote speech di pembukaan CES 2012, CEO Microsoft Steve Ballmer memperkenalkan ponsel pintar Nokia Lumia 900 yang menggunakan Windows Phone terbaru. Ponsel ini disebut sebagai rahasia terbesar yang telah diungkap di ajang CES tahun ini.

Ballmer menjadi pembicara utama di CES bersama CEO Nokia Stephen Elop dan CEO AT&T Mobility Ralph de la Vega. Di sana, Ballmer menekankan pembicaraan soal sistem operasi Windows Phone yang diklaim mampu berjalan lebih baik dibandingkan dengan platform lain meski dia tidak menyebut pembandingnya apakah iOS, Android, atau BlackBerry OS.

"Kami sangat gembira bisa berada di sini. Ponsel ini bisa mengirim e-mail, jejaring sosial, dan lain-lain. Ponsel ini bakal banyak aplikasi di dalamnya. Kami bekerja lebih baik. Windows Phone adalah ponsel yang harus digunakan orang pertama kali," kata Ballmer.

Ponsel Nokia Lumia 900 merupakan ponsel perdana bagi Nokia yang memakai jaringan 4G LTE (long term evolution) dan akan diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat dan hanya kerja sama eksklusif dengan operator AT&T.

Dengan desain ramping dan unik, Lumia 900 bakal dijadikan tiket bagi Microsoft untuk meraih kesuksesan di jajaran smartphone mainstream pada tahun ini, terutama untuk pasar AS yang didominasi oleh ponsel Android dan iPhone.

Fitur dan spesifikasi Nokia Lumia 900 memang cukup menggoda meski tidak bakal ada sesuatu yang mengejutkan karena rumor yang sudah banyak beredar. Ponsel ini bakal mengadopsi bentang layar 4,3 inci Amoled display, suatu bentuk peningkatan dibandingkan dengan layar ponsel Nokia Lumia 800 yang hanya berukuran 3,7 inci.

Jeroannya sudah dibekali dengan prosesor 1,4Ghz CPU dan RAM hanya 512 MB. Sayangnya, prosesor ini bukan dual core.

Kamera belakang bakal dibenamkan dengan resolusi 8 MP, memakai lensa Carl Zeiss 28 f/2.2 di bagian belakang dan f/2.4 wide angle untuk kamera bagian depan.

Baterainya sudah diperbesar dan mengadopsi kapasitas 1.830 mAh yang memungkinkan daya pakai lebih tahan lama.

Ponsel ini bakal tersedia dalam dua warna, yaitu hitam dan cyan, dan berbahan polycarbonate, sama seperti Nokia Lumia 800 dan Nokia N9. Kapasitas memori internalnya sebesar 16 GB.

Ballmer juga memperkenalkan Nokia Lumia 710 yang bakal hadir dengan operator T-Mobile, minggu depan, untuk wilayah Amerika Serikat. Selain itu, Microsoft juga memamerkan pengembangan sistem operasi Windows 8 ke depan dan fokus media hiburan Xbox ke depan.

Pada kesempatan yang sama, CEO Nokia Stephen Elop menambahkan bahwa ponsel Nokia Lumia 900 merupakan ponsel yang ramping dan progresif dilihat dari luar. Di sisi jeroan, ponsel ini bukan hanya berjalan di sistem operasi Windows Phone, melainkan Windows Phone yang khusus didesain pertama kali untuk pasar Amerika.


Editor : Reza Wahyudi