Selasa, 25 November 2014

News / Lifestyle

Preview Mass Effect 3

Menantikan Fitur "Galaxy at War" di Mass Effect 3

Rabu, 11 Januari 2012 | 16:04 WIB

KOMPAS.com - Mass Effect 3 akan jadi bab penutup untuk trilogi petualangan luar angkasa Shepard dan kawan-kawan. Seperti apa akhir petualangan epik ini?  

Simak hal itu dalam artikel berseri, "Preview Mass Effect 3" yang dihadirkan Kompas.com bekerjasama dengan komunitas Gamexeon berikut ini:

Baca juga tulisan sebelumnya dalam seri ini:

Multiplayer di Mass Effect?

Bioware mengakui, mereka telah memikirkan untuk memasukkan mode Multiplayer OnLine (MP OL) ke dalam Mass Effect 3, berupa bentuk mode cooperative mission (Co-op) yang bisa dimainkan sekaligus oleh empat orang gamer.

Mereka mengaku telah berpikir untuk memasukkan mode MP OL ke dalam dunia Mass Effect sejak merils seri pertama (2008).

Pada awalnya, Bioware mengira bahwa mode MP OL nantinya akan bentrok dengan cerita dan gameplay pada mode single-player (SP).

Kemudian sang pengembang mencari-cari cara yang tepat untuk menyatukan single-player dengan multiplayer.

Dikarenakan dalam beberapa hal struktur pada mode SP sudah cukup solid, terutama karakter Shepard yang tak mungkin bisa dimainkan dalam mode MP OL, sehingga sulit untuk diubah lagi.

Akhirnya disepakati bahwa mode MP OL Mass Effect 3 harus menggunakan pendekatan yang berbeda.

Galaxy at War


Dalam multiplayer nanti, gamer akan berperan sebagai anggota dari sebuah pasukan khusus yang akan menolong Commander Shepard dalam peperangan di Galaksi atau Galaxy at War.

Dalam Mass Effect 3 Galaxy at War, diperkenalkan reward system, character-progression suite & map atau peta untuk pertempuran dalam lokasi yang pernah dimainkan di mode campaign.

Apapun yang nantinya gamer lakukan di dalam mode campaign, akan mendapatkan poin bernama War Assets.

War Assets digunakan untuk mendapatkan sekutu, armada perang, dan fasilitas lainnya seperti stasiun radar.

Untuk mendapatkan War Assets yang lebih besar, bisa dengan menyelesaikan berbagai side missions yang ada.

Untuk karakter yang bisa dimainkan dalam Galaxy at War ini, disediakan berbagai macam ras yang bisa dipilih, seperti:

  • Human
  • Krogan
  • Asari
  • Drell
  • Salarian
  • Turian

Serta 6 macam kelas (classes), di antaranya:

  • Sentinel
  • Infiltration
  • Vanguard
  • Soldier
  • dan lainnya.

Sebelum bertempur gamer dapat memilih persenjataan dan biotic power terlebih dahulu, begitu pula dengan upgrade pada armor & persenjataan yang bisa disesuaikan dengan keinginan gamer.

GFX


Mengenai graphic (gfx) engine, untuk sementara ini, tampaknya Bioware masih setia dalam menggunakan gfx unreal engine 3 yang sudah dimodifikasi dari gfx Mass Effect 2.

Mass Effect 3 ini akan rilis pada musim panas 2012, namun gfx engine-nya masih memakai DX9c. Seharusnya untuk game yang akan rilis pada 2012 bisa memlki lebih dari itu.

Misalnya, dukungan penuh pada Dx10 ataupun Dx11 beserta efek-efek tesselation-nya sekaligus. Mengapa musti ada efek-efek tesse? Salah satu kelebihan mencolok dari Dx11 ya itu tesselation-nya.

Jika demikian, gfx Mass Effect 3 tentu akan bisa dibuat lebih detail lagi, terutama untuk versi PC nya.

Selama ini penulis baru melihat beberapa screenshot dan kelihatannya standar, bagus sih tetap bagus, tapi ya bagusnya tidak "super wow banget".

Bioware mengatakan, semua ukuran lingkungan dari setiap peta level yang ada di Mass Effect 3 akan dibuat lebih besar daripada sebelumnya. Dan, gerakan animasi karakter, tampaknya semakin lebih fleksibel dari sebelumnya.

Sound Effect


Soal efek-efek suara, Bioware akan tetap melanjutkan sebagian musik-musik yang berasal dari Mass Effect 1 dan 2, bahkan para pengisi suara di seri-seri sebelumnya juga akan kembali semua.

Jadi bisa dipastikan, kualitas suara Mass Effect 3 dalam hal pengisi suara dan ost theme tak akan jauh berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

Khusus untuk efek-efek suara senjata, Bioware telah mengundang para ahli senjata dari DICE (pengembang seri BattleField 3) untuk turut meningkatkan kualitas suara secara maksimal pada semua senjata-senjata dan adegan pertempuran yang akan muncul di Mass Effect 3.

Tidak hanya itu, para ahli senjata Dice itu, kabarnya juga membantu melakukan tweaking pada berbagai jenis persenjataan yang akan hadir di Mass Effect 3.

Penutup


Bioware belum menjelaskan, gamer akan mengunjungi peta-peta level apa saja di Mass Effect 3 ini, tapi satu tempat yang sudah bisa dipastikan ialah planet milik Ras Salarian.

Secara keseluruhan, Mass Effect 3 ini akan menghadirkan banyak peta level baru, beberapa senjata dan armor suit yang baru, power baru serta  beberapa karakter baru.

Tak lupa, tentu akan ada, sebuah kisah cerita baru, baik itu dalam misi-misi utama ataupun sampingan, musuh-musuh baru, dapat teman baru, tetap ada multi ending, semuanya akan menjadikan Mass Effect 3 sebagai penutup yang super epik.

Begitulah janji-janji manis dari Bioware. Semoga semua menjadi kenyataan yang indah, seindah preview ini. Amin.

Developer : Bioware
Publisher : EA
Platform : PC, Xbox 360, dan PS 3
Rilis : 6 Maret 2012 (AS) & 9 Maret 2012 (Eropa)
(Detail Spesifikasi Belum diketahui)


(seri "Preview Mass Effect 3" ini disunting dari tulisan user arni di Gamexeon)


Editor : Reza Wahyudi