Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMKN 2 Surabaya Kenalkan Truk Mini "Esemka Patua"

Kompas.com - 12/01/2012, 13:46 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Surabaya memperkenalkan mobil yang dirakit para siswanya berjenis truk mini 1500 CC, Esemka Patua, Kamis (12/1/2012). Mobil karya siswa SMK ini akan diperkenalkan kepada masyarakat sepanjang hari ini. Mobil putih dengan bak terbuka di sisi belakang itu, sudah diletakkan di halaman depan sekolah tersebut. Puluhan warga pun terlihat memadati halaman sekolah. 

“Saya ingin melihat langsung karya siswa SMK. Saya bangga,” ucap Khoiruman, salah satu warga Surabaya.

Kepala SMKN 2 Surabaya, Bahrun mengatakan, perkenalan Esemka Patua kepada masyarakat bukan peluncuran. Tetapi, baru tahap pengenalan akan karya para siswa.

“Jangan dibilang launching dulu lah. Ini baru test drive dan pengenalan terbuka kepada masyarakat,” kata Bahrun.

Pengunjung yang datang dan melihat diperbolehkan untuk mencoba mobil karya para siswa ini. Dua mobil berwarna putih disiapkan bagi mereka yang ingin menjajal truk mini Patua.

Sejumlah pengunjung yang melakukan uji coba pun menyatakan puas terhadap truk mini Esemka Patua. Mobil ini mampu mengangkut kapasitas kurang lebih 1,5 hingga 2 ton. Selain itu, mobil dengan bahan bakar premium ini juga tergolong irit dan canggih.

Dengan bensin atau premium 1 liter, mobil berkapasitas 1.500 CC ini mampu menempuh jarak lebih dari 15 kilometer.

“Mobil ini berstandar mobil era sekarang, dengan sistem injeksi. Kapasitas muatnya bisa 2 ton,” kata Arifin, salah satu teknisi utama mobil Patua.

Dia mengakui, mobil ini masih dalam tahap penyempurnaan. Truk mini ini lebih besar dari Gran Max. Arifin mensejajarkan Patua dengan L 300, yang dilengkapi pendingin mesin sekaligus pemanas yang tahan di suhu dingin.

Arifin menjelaskan, dua mobil Patua rakitan SMKN 2 tersebut dituntaskan dalam waktu tiga minggu. Satu mobil dirakit sepuluh siswa. Masing-masing sisi kanan dan kiri sebanyak lima siswa. Mereka bertugas memasang roda, rem, dan merakit komponen serta bagian bodil mobil lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com