Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undip Terima Beasiswa Rp 1 Miliar dari Kementerian BUMN

Kompas.com - 13/01/2012, 13:23 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Sebanyak 110 mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang, Jumat (13/1/2011), menerima beasiswa pendidikan senilai total Rp 1 miliar dari Kementerian BUMN melalui program BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan.

Bantuan pendidikan tersebut secara simbolis diserahkan Kementerian BUMN yang diwakili Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II Laurensius Manurung kepada Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi di Gedung Prof Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang. Beasiswa tersebut kemudian diteruskan kepada para mahasiswa penerima beasiswa.

Mahasiswa penerima beasiswa masing-masing mendapatkan dana Rp 9 juta untuk biaya pendidikan dan biaya hidup selama satu tahun. Dana beasiswa langsung ditransfer ke rekening mahasiswa.

”Kami menyampaikan terima kasih mendapat beasiswa ini. Kami benar-benar merasa sangat terbantu dengan beasiswa ini, apalagi sekarang susah mendapatkan biaya kuliah dan juga biaya hidup di Tembalang,” ujar Abdul Ghani dari Fakultas Teknik Undip.

Rektor Undip Sudharto menyatakan terima kasih atas beasiswa dari Kementerian BUMN. ”Bantuan ini sejalan dengan misi kami bahwa education for all. Jangan sampai mereka yang tidak mampu secara ekonomi tidak bisa meneruskan kuliah,” ujar Sudharto.

Sementara Laurensius menyatakan bantuan beasiswa yang diserahkan ke Undip merupakan bagian dari beasiswa senilai Rp 85 miliar yang disalurkan Kementerian BUMN bagi 28 perguruan tinggi negeri di Tanah Air. Beasiswa diserahkan secara bertahap mulai tahun 2010 hingga 2014.

Undip akan menerima total bantuan beasiswa dari BUMN sebesar Rp 4 miliar. Bantuan tersebut hingga kini sudah diserahkan tiga tahap, yakni tahap satu Rp 202 juta (Januari 2011), tahap dua Rp 870 juta (Juni 2012), dan tahap 3 senilai Rp 1 miliar yang diserahkan Jumat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com