Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendidikan Ketarunaan Membekali Siswa SMK

Kompas.com - 14/01/2012, 11:51 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

SUBANG, KOMPAS.com - Biasanya pendidikan ala militer diwajibkan di SMK dengan bidang keahlian penerbangan, pelayaran, maupun perikanana. Namun di SMKN 2 Subang yang punya program keahlian andalan pertanian, peterenakan, otomotif, hingga pelayaran, pelatihan ala militer menjadi sarana pendidikan karakter.

Sebanyak 1.600 siswa kelas X SMKN 2 Subang dan 14 kelas jauh SMKN 2 Subang dilantik dalam acara pelantikan taruna. Hadir dalam pelantikan taruna SMKN 2 Subang, Sabtu (14/1/2012), Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf.

Kepala SMKN 2 Subang Priyanto mengatakan pelatihan taruna dilaksanakan bagi siswa baru selama satu semester. Program ini untuk membentuk karakter siswa yang tangguh dan cinta bangsa untuk mendukung pendidikan nasional.

"Pendidikan ketarunaan ini ternyata juga disukai dunia usaha. Sebab, anak-anak jadi terbangun kedisplinan dan tanggung jawab. Karena itu, pendidikan taruna wajib buat semua siswa di SMKN 2 Subang dan kelas jauhnya di seluruh Subang," kata Priyanto.

Acara pelantikan terasa haru saat perwakilan taruna dilantik secara simbolis oleh Wagub Dede Yusuf. Sebanyak loma taruna perempuan dan laki-laki duduk bersimpuh sambil disirami air kembang. Mereka pun dikenakan atribut topi putih.

Para siswa yang sudah sah menjadi taruna SMKN 2 Subang mengucapkan janji taruna. Intinya, para taruna ini akan menjadi siswa yang bertaqwa, disiplin, bertanggung jawab, selalu gigih mencapai kompetensi, mengormati guru dan orang tua, hingga cinta bangsa dan negara RI.

Priyanto mengatakan nilai-nilai yang ditanamkan pada siswa selama mengikuti pendidikan ketarunaan harus terus diamalkan. "Kami yakin, pendidikan ketarunaan ini memberi bekal pendidikan karakter yang berguna buat siswa di sekolah maupun di dunia kerja nanti," kata Priyanto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com