Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

654 Proposal PKM Unnes Didanai Ditjen Dikti

Kompas.com - 15/01/2012, 21:58 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com- Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, berhasil meloloskan 654 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Jumlah PKM dari Unnes yang diterima Ditjen Dikti pada tahun ini merupakan paling banyak diantara PKM yang diajukan perguruan tinggi di Tanah Air.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Prof Dr Masrukhi MPd dalam keterangan pers, Minggu (15/1/2012), menyatakan jumlah proposal PKM Unnes yang lolos tahun ini lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan yang lolos tahun lalu, bahkan meningkat 255 persen.

Ke-654 proposal PKM yang diterima Ditjen Dikti terdiri atas semua kategori yang dibuka Ditjen Dikti. Proposal yang lolos yakni PKM Kewirausahaan (PKMK) 292 proposal, PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) 216, PKM Penelitian (PKMP) 114, PKM Penerapan Teknologi (PKMT) 19, dan PKMC sebanyak 13 proposal.

Menurut Masrukhi, berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Dikti, Kemendiknas, setelah Unnes, urutan kedua jumlah proposal terbanyak yang diterima Ditjen Dikti dari I nstitut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya sebanyak 583 propal. Dan terbanyak ketiga diraik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan meloloskan 476 proposal.

Menindaklanjuti hasil seleksi tersebut, selanjutnya akan dilakukan kontrak kerja antara Ditjen Dikti dengan para pembantu rektor bidang kemahasiswaan. Program akan dimulai bulan ini, dam dipantau pelaksanaannya pada Mei mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com