Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undip Kirim Delegasi Mahasiswa ke Boston

Kompas.com - 16/01/2012, 15:15 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com -- Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, untuk ketiga kali mengirim delegasi mahasiswa dalam ajang Harvard National Model United Nations (HNMUN) di Boston, Amerika Serikat. Dalam ajang simulasi sidang PBB untuk mahasiswa sedunia, Februari 2012, Undip akan tampil mewakili negara lain yakni Kyrgyzstan.

Sebanyak 15 anggota delegasi, Senin (16/1/2012), memaparkan tentang keikutsertaan mereka di hadapan Rektor Prof dr Sudharto P Hadi.D

Delegasi Undip terdiri dari Faizal Fajar Nurroji (Fakultas Ilmu Budaya), Erlangga Kristanto Hendratono (Hukum), Banun Diyah Ardani (FISIP), Teguh Iman Prastyo (MIPA), Ayu Hapsari Adityanti, Friska Finalia Sitohang, dan Rosiana Irta Purnomo (Teknik), Aji Bramantyojati, Michael Laurent, Finta Elvira, dan Risti Merdikawati (Ekonomi), Astrid Karina Putri , Husein Akhmad, Nydia Rena Benita, dan Fadel Muhammad Garishah (Kedokteran).

"Keikutsertaan ini diharapkan menambah pengalaman dan wawasan para mahasiswa di forum internasional, termasuk isu-isu internasional," kata Sudharto yang berharap setelah pulang dari Boston, delegasi HNMUN Undip menularkan pengalamannya kepada mahasiswa lain.

Delegasi Undip akan berangkat bersama pendampingnya Jati Utomo Dwi Hatmoko yang juga dosen dari Fakultas Teknik Undip. Dalam forum ke-58 tersebut setiap delegasi akan tampil mewakili negara tertentu. "Mahasiswa Undip yang mewakili negara Kyrgyzstan mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum berangkat," ujar Jati.

Faizal Fajar, yang juga Ketua Delegasi HNMUN Undip menyatakan sejak empat bulan yang lalu timnya intens mempersiapkan diri. Selain memperkaya wawasan internasional, secara khusus tim mempelajari negara Kyrgyzstan melalui berbagai media informasi. "Yang paling banyak lewat internet, terutama dari website PBB," ungkap Faizal.

Selain mencari informasi lewat internet dan referensi lainnya, tim Undip juga berdiskusi dengan alumni HNMUN sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com