Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN Jujur Tetap Jadi Komitmen Pemerintah

Kompas.com - 17/01/2012, 20:19 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penekanan untuk melaksanakan ujian nasional jujur tetap menjadi perhatian dan komitmen pemerintah. Soal UN jujur ini ditekankan dalam panduan pelaksanaan UN tahun 2011/2012 yang dibuat Badan Standar Nasional Pendidikan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komitmen pelaksanaan UN jujur tersebut harus dilaksanakan penyelenggara UN mulai tingkat provinsi, kabupaten/kota, sekolah, pengawas ruang UN, hingga peserta UN. Bahkan, perlu ada surat pernyataan untuk membuktikan komitmen ini.

”Kejujuran dalam pelaksanaan UN harus ditunjukkan semua pihak. Ini kan untuk kemajuan pendidikan nasional,” kata anggota BSNP, Djemari Mardapi, Selasa (17/1/2012) di Jakarta.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh juga menekankan perlunya kejujuran dalam pelaksanaan UN mulai jenjang SD hingga SMA sederajat. Kejujuran merupakan bagian dari pendidikan karakter anak bangsa yang sangat penting.

Penyelenggaraan UN SMA sederajat tahun ini dilaksanakan 16-19 April, UN SMP pada 23 -26 April, dan UN SD pada 7-9 Mei. Adapun siswa yang tidak bisa ikut di ujian utama tetap diberi kesempatan mengikuti ujian susulan pada pekan berikutnya.

Pengumuman kelulusan UN SMA paling lambat 26 Mei, SMP 2 Juni, dan SD 20 Juni.

Kelulusan siswa merupakan gabungan dari 60 persen nilai UN dan 40 persen nilai sekolah. Di jenjang SD, kelulusan diserahkan kepada sekolah.

Untuk UN SMP dan SMA sederajat, dalam satu ruangan terdiri dari lima paket soal. Tujuannya untuk meminimalisasi kecurangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com