Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MWA UI Selesai Dibentuk pada Maret 2012

Kompas.com - 18/01/2012, 13:04 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Damona Kwintatmi Poespawardjaja mengatakan, MWA UI yang baru, kemungkinan, akan selesai dibentuk oleh tim transisi UI pada Maret 2012.

Ia mengungkapkan, tim transisi baru saja usai melaksanakan sosialisasi tentang penyelesaian persoalan yang terdapat di UI. Pada 16 Januari 2012, sosialisasi dilakukan di kampus UI Salemba, dan sehari setelahnya dilakukan di Balai Sidang UI Depok. Damona menjelaskan, beberapa hal yang disosialisasikan oleh tim transisi adalah pencabutan surat putusan rektor tentang Senat Universitas (SU) karena tidak berdasar, baik pada peraturan presiden maupun Statuta UI.

Selain itu, tim transisi juga meminta agar MWA mencabut pedoman pemilihan pembentukan keanggotaan Senat Akademik Universitas (SAU) yang berdasarkan pada PP 152.

"Ini supaya fair," kata Damona kapada Kompas.com, Rabu (18/1/2012) di Jakarta.

Selanjutnya, kata dia, pada 3 Februari mendatang, para dekan dari semua fakultas yang ada di UI akan menyerahkan masing-masing dua guru besar dan dua non-guru besar untuk masuk sebagai anggota SAU UI yang akan diisi oleh 67 anggota.

Dari jumlah tersebut, 11 orang di antaranya akan diusung menjadi anggota MWA UI yang mewakili unsur akademik.

"Di penghujung Februari, SAU UI saya harap bisa dilantik agar fokus membentuk MWA UI yang baru. Saya rasa Maret mendatang, MWA UI baru itu sudah dapat dibentuk. Namun, hal ini tergantung dari kecepatan kerja tim transisi," ujarnya.

Seperti diberitakan, masa bakti MWA UI lama yang berakhir pada 15 Januari 2012 diperpanjang selama satu bulan. Perpanjangan masa bakti MWA UI masih mungkin dilakukan sampai terbentuknya MWA baru.

Berdasarkan pantauan Damona terhadap kiprah tim transisi UI, kerja tim transisi ini baru benar-benar berjalan setelah SK penugasan dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 31 Desember lalu.

Selanjutnya, Prof Anwar Nasution yang menjadi Wakil MWA UI dalam tim transisi ditetapkan menjadi ketua tim. Sementara itu, kursi sekretaris tim transisi diduduki oleh Prof Tommy Ilyas dari Fakultas Teknik.

Menurut Damona, sosok yang memimpin tim transisi ini cukup luwes. Ia mengatakan, orang-orang yang ada di gerbong tim transisi ini mendapatkan respons positif dari kalangan akademik UI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com