Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Origami Gratis di Pandan College

Kompas.com - 18/01/2012, 17:52 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tertarik belajar seni melipat kertas asal Jepang? Ada pilihan untuk kursus secara serius di Sekolah Bahasa Jepang Pandan College maupun ikut kursus gratis di WTC Matahari Sepong.

Pandan College membuka kelas Origami, seni melipat kertas yang sangat mengasyikkan. Produk Origami beraneka macam, bisa dalam bentuk pohon, bola, pernak-pernik, hiasan dinding, bingkai foto, bentuk binatang, pesawat, helikopter, mobil, dan sebagainya yang semua dibuat dari lipatan kertas saja.

Pandan College membuka pelatihan gratis selama Januari-Maret. Kegiatan dilaksanakan dua kali sebulan di WTC Matahari, Serpong.

Pandan College juga membuka kesempatan gratis untuk umum, untuk bersama belajar membuat origami. Kegiatan umum ini dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan berbagai budaya Jepang kepada masyarakat Indonesia.

Selain itu, Pandan College juga menyediakan beasiswa bagi pelajar SDasar Indonesia untuk kelima kalinya. Ada juga beasiswa bagi pelajar Pandan College yang belajar di Jepang berupa biaya tunjangan 20.000 yen per bulan.

Richard menjelaskan, beragam kegiatan yang dilakukan Pandan College ini bertujuan untuk semakin mendekatkan kedua negara dari penguasaan bahasa Jepang.

"Kebutuhan bahasa Jepang semakin besar saat ini. Apalagi semakin banyak pegusaha Jepang berinvestasi di Indonesia. Kesempatan emas bagi Indonesia untuk semakin meningkatkan citranya di Jepang dan sekaligus menarik investasi Jepang ke Indonesia," kata Komisaris Sekolah Bahasa Jepang Pandan College Richard Susilo, Rabu (18/1/2012) di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com