Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memperkaya Pengetahuan Bahasa Jepang lewat Kontes Kanji

Kompas.com - 20/01/2012, 11:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengasah kemampuan dan pengetahuan bahasa Jepang bisa dilakukan melalui kemampuan menguasai huruf-huruf Kanji. Salah satu kesempatan untuk menguji penguasaaan dalam hal ini, dengan mengikuti Kontes Kanji. Demikian pula yang dilakukan ratusan siswa SMA/SMK dan mahasiswa berbagai universitas dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Banten yang mengikuti Kontes Kanji beberapa waktu lalu. Kontes ini diadakan oleh Universitas Nasional (Unas).

“Tahun ini ada 443 orang yang mengikuti Kontes Kanji. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya berhasil menjaring 300 orang peserta. Tak hanya itu saja, tahun ini wilayah lomba juga meluas, tak hanya Jabodetabek namun juga sampai ke Banten,” papar Ketua Pusat Pengkajian Jepang (PPJ) Unas, Meizar Abdullah.

Kontes Kanji dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk kategori mahasiswa dan umum, serta kategori sekolah. Menurut Meizar, ada peningkatan jumlah universitas yang mengikuti kegiatan ini. Kali ini, Kontes Kanji diikuti 12 universitas, antara lain dari Universitas Indonesia, UHAMKA, STBA LIA, Al Azhar, Darmapersada, Universitas Negeri Jakarta, dan STBA Cipto Hadipranoto.

Untuk kategori sekolah, sebanyak 34 sekolah mengirimkan wakilnya untuk berkompetisi. Peserta antara lain berasal dari SMAN 33 Cengkareng Jakarta Barat, SMA 1 Dramaga Bogor, SMAN 11 Tanggerang, SMAN 1 Ciampea Bogor, SMA Plus PGRI Cibinong, SMK Borobudur 1 Cilandak, SMAN 13 Jakarta Utara, SMAN 33 Cengkareng dan sebagainya.

“Masing-masing sekolah bisa mengirimkan antara 10 – 20 peserta,’’ ujarnya.

Kontes Kanji ini sudah yang keempat kalinya diadakan Unas dengan dukungan PT Mandom Indonesia. Hal ini, kata Meizar, merupakan bukti eratnya persahabatan antara Indonesia dengan Jepang. Presiden Direktur PT Mandom Indonesia, Takeshi Hibi juga turut hadir dalam acara ini.

‘’Saya harap kegiatan ini dapat menjadi media untuk saling berbagi pengalaman dan semakin mendekatkan diri kalian dengan budaya dan bahasa Jepang,’’kata Takeshi.

Pada kategori mahasiswa dan umum, tampil sebagai juara I, Kinanti dari Universitas Indonesia, juara II direbut oleh Dwi Nur Febriana (UNAS), dan Tuti dari UNJ menempati juara III. Sementara, untuk kategori SMA dan sederajat,  keluar sebagai juara I Fadhilan, juara II Hardian Muhammad, dan juara III direbut oleh Anisa Nur Adina. Para juara ini berhak atas hadiah mulai dari notebook, kamus elektronik, ipod, dan voucher belanja dari Toko Buku Gramedia.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, pengetahuan masyarakat Indonesia tentang Jepang semakin bertambah. Karena setiap tahun, animo masyarakat akan budaya dan bahasa Jepang semakin bertambah. Karena sadar atau tidak, produk Jepang sudah ada di setiap lini kehidupan kita mulai dari makanan, produk elektronik, alat transportasi. Semakin banyak pula perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia. Ini adalah peluang kita untuk menangkapnya,” papar Meizar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com