Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Eksklusif untuk Sembilan Mahasiswa IPB

Kompas.com - 24/01/2012, 13:17 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) meraih beasiswa Rabobank Undergraduate Scholarship. Beasiswa tersebut diberikan kepada sembilan mahasiswa baru IPB yang telah terpilih.

Beasiswa ini telah dimulai sejak tahun 2009, dan hanya diberikan kepada para mahasiswa dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang gemilang.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur Rabobank Indonesia, Henk Mulder, mengatakan, jika dibandingkan dengan beasiswa lainnya, beasiswa yang diberikan merupakan salah satu program beasiswa yang lengkap, karena mencakup biaya kuliah, akomodasi, buku, dan biaya hidup selama delapan semester, termasuk di dalamnya biaya penelitian untuk skripsi.

"Sengaja kami pilih IPB untuk program beasiswa eksklusif ini karena merupakan perguruan tinggi yang prestise di bidang pertanian Indonesia. Juga merupakan tempat mencetak para pemimpin di sektor food dan agribisnis Indonesia masa kini dan masa mendatang," kata Henk Mulder, Selasa (24/1/2012), di Hotel Kempinski, Jakarta.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Yoni Koesmaryono mengatakan saat ini terdapat 20 mahasiswa IPB yang telah disponsori program ini sejak tahun 2009.

Ia menjelaskan, para mahasiswa penerima beasiswa ini adalah mereka yang tidak menerima program beasiswa Bidik Misi. Dia berharap, para penerima beasiswa ini mampu menjadi pionir dalam upaya membangun pertanian Indonesia yang lebih kuat di masa yang akan datang.

"Kita menyeleksi secara ketat melalui nilai rapor SMA dan nilai UN. Saya berharap mereka bisa menjadi pionir, dan menggunakan beasiswa ini secara baik. Jika ada lebih, simpan uangnya untuk membeli buku," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com