Selasa, 2 September 2014

News / Edukasi

Unand Tahun Ini Terima 4.940 Mahasiswa Baru

Rabu, 25 Januari 2012 | 21:02 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Universitas Andalas (Unand) Padang tahun ini akan menerima 4.940 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), undangan dan ujian mandiri.

"Untuk penerimaan melalui jalur SNMPTN akan diterima 3.211 mahasiswa atau 65 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru," kata Pembantu Rektor I Unand Febrin Anas Ismail di Padang, Rabu (25/1/2012).

Selain itu, untuk penerimaan melalui jalur undangan dan mandiri tahun Unand akan menerima 1.729 mahasiswa baru. "Calon mahasiswa baru akan diterima di 11 fakultas dan 39 jurusan yang ada saat ini," katanya.

Dia menyatakan, hampir seluruh jurusan diminati calon mahasiswa baru dan tidak ada yang sepi peminat. "Namun yang paling favorit setiap tahunnya adalah kedokteran, akuntansi dan farmasi," kata dia.

Menurut dia, kuota penerimaan pada 2012 menurun dibandingkan tahun lalu, dimana pada 2011 jumlah mahasiswa yang diterima mencapai 5.300 orang.

Sementara untuk membantu calon mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan beasiswa Bidik Misi.

"Pada 2011 jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa itu sebanyak 750 orang dan tahun ini ditargetkan 1.000 penerima," katanya.

Program Bidik Misi diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi namun tidak mampu secara ekonomi.

Beasiswa yang diberikan berupa biaya hidup dan biaya pendidikan selama delapan semester untuk S1 dan enam semester untuk D3. Kemudian, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tahun ini Unand akan memasang infocus di setiap ruangan kuliah.

"Sebelumnya persediaan infokus terbatas sehingga menyebabkan kurang efisiennya proses perkuliahan karena sebagian waktu dipergunakan untuk menyetel alat tersebut secara bergiliran," katanya.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: