Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Hapus Jalur Undangan Olahraga dan Seni

Kompas.com - 26/01/2012, 16:00 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akan meniadakan atau menghapus jalur undangan untuk jurusan tertentu pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2012. Setidaknya, dua program studi di Fakultas Seni dan Olahraga kampus eks-IKIP Surabaya ini tak lagi menerima jalur undangan.

Jurusan-jurusan di dua fakultas tersebut harus melalui tes tulis. Sementara, jika melalui jalur undangan, calon mahasiswa akan diterima tanpa tes. Pembantu Rektor I Unesa Prof Kisyani Laksono mengatakan, dasar penghapusan jalur undangan karena untuk jurusan-jurusan tertentu memerlukan tes keterampilan khusus dan tes akademik yang memadai.

“Pertimbangannya, jurusan seni dan olahraga tak bisa tanpa tes,” jelas Kisyani, Kamis (26/1/2012).

Jalur undangan juga lazim dikenal dengan PMDK prestasi. Untuk tahun ini, jalur undangan sudah akan memulai pendaftaran pada 1 Februari pekan depan. Siswa yang kini kelas tiga SMA berhak mencoba peruntungan masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes. Mereka hanya melampirkan portofolio menyangkut prestasi yang dimiliki. Salah satunya adalah nilai rapor mulai semester 1 sampai 5. Kesempatan jalur undangan juga terbuka bagi juara nasional olimpiade mata pelajaran atau prestasi akademik lainnya.

“Kadang kami juga meragukan nilai rapor yang dapat 9, bahkan 10. Terutama sekolah di daerah,” kata Kisyani.

Selain itu, jalur undangan juga tak diikuti tes wawancara. Prestasi siswa diyakini hanya berdasarkan apa yang dicantumkan pihak sekolah.

“Tapi jangan kemudian kepercayaan disalahkangunakan, mengatrol nilai rapor. Ada mahasiswa olahraga ternyata tak cakap olahraga. Ini karena rekrutmen yang salah,” tambah Kisyani.

Jurusan-jurusan yang pada tahun ini tidak menerima calon mahasiswa melalui jalur undnagan adalah Penjaskes, Pendidikan Kepelatihan dan Ilmu Keolahragaan, Seni Musik, Drama, Tari, dan Seni Rupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com