Sabtu, 26 Juli 2014

News / Edukasi

Seleksi Masuk PTN

PTN Tambah Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru

Jumat, 27 Januari 2012 | 08:55 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Perguruan tinggi negeri (PTN) di daerah bertekad menambah kuota penerimaan mahasiswa baru 2012. Hal itu dilakukan untuk menampung minat masyarakat yang jumlahnya terus meningkat.

Pembantu Rektor I Universitas Haluuleo (Unhalu), Kendari, La Sara mengatakan, tahun ini Unhalu akan menerima 3000 mahasiswa baru. Jumlah tersebut lebih besar jika dibandingkan penerimaan tahun 2011 yang hanya menerima 2500 mahasiswa.

Ia menjelaskan, untuk menyerap tingginya minat masyarakat, Unhalu melakukannya dengan membangun tiga fakultas baru, yaitu Fakultas Peternakan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Kedokteran.

La Sara menambahkan, secara nasiona,l kuota akan dibagi sesuai dengan proporsi yang berlaku. Sebesar 60 persen dari jalur SNMPTN, dan 40 persen melalui jalur ujian mandiri.

"SNMPTN itu 60 persen dibagi dua, undangan 20 persen, dan tertulis 40 persen. Dari 2500 mahasiswa baru 2011, sekitar 1500-nya berasal dari SNMPTN," kata La Sara, Kamis (26/1/2012) malam, di Hotel Sahid, Jakarta.

Sama halnya dengan Universitas Cendrawasih (Uncen), Papua. Ditemui di tempat yang sama, Rektor Uncen, Simbiak mengatakan, demi menampung minat masyarakat Papua, Uncen terpaksa membalik proporsi penerimaan mahasiswa baru menjadi 40 persen melalui SNMPTN, dan 60 persen melalui ujian mandiri.

Ia menjelaskan, langkah itu ditempuh guna memenuhi tingginya tuntutan masyarakat dan pemerintah provinsi Papua agar warga Papua mendapatkan lebih banyak kesempatan melanjutkan pendidikan di kampus tersebut. Tahun ini, Uncen memasang target akan menerima 4500 mahasiswa baru.

"Kami lakukan itu dengan sepengetahuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jika proporsinya tak diubah, maka hanya akan dipenuhi oleh mahasiswa dari luar Papua. Itu tidak sesuai dengan keinginan masyarakat, dan kami khawatir akan timbul gejolak," ujarnya.

Lain halnya dengan Universitas Sumatera Utara (USU). Wakil Rektor I USU, Dzulkifli Nasution mengatakan, pihaknya ingin menambah jumlah penerimaan mahasiswa baru dengan proporsi 60:40. Namun, karena alasan daya tampung yang sudah maksimal, tahun ini USU hanya akan menerima sekitar 6000 mahasiswa baru.

"Kita mau menambah daya tampung setelah selesai memperbesar kampus. Saya pikir sampai 2010 USU hanya akan menerima 6000 mahasiswa di setiap tahunnya," kata Dzulkifli.


Penulis: Indra Akuntono
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary