Selasa, 23 Desember 2014

News / Edukasi

Gedung Sekolah

2013 Tak Ada Lagi Sekolah Rusak

Senin, 30 Januari 2012 | 08:36 WIB

Terkait

DEPOK, KOMPAS.com - Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 18 triliun untuk perbaikan sekitar 140.000 bangunan sekolah yang rusak. Perbaikan akan dilakukan tahun 2012 ini sehingga tahun 2013 tak ada lagi laporan sekolah yang rusak berat.

”Kalau ketemu sekolah rusak, jawabannya hanya satu, ya... dibangun,” tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh saat mengunjungi empat sekolah dasar yang bangunannya rusak di Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (29/1).

Sepanjang Minggu pagi hingga siang, Nuh mengunjungi empat sekolah yang bangunannya rusak di Kota Depok. Sekolah itu SD Negeri Cilodong 02, SDN Sukamaju Baru 02, SDN Sukamaju Baru 03, dan SDN Tugu 09. Dari empat sekolah yang dikunjunginya, Nuh menilai dilihat dari luar kondisi sekolah tampak tidak bermasalah. Namun, dilihat dari dalam, kusen, genteng, eternit, dan sebagian tembok sudah rapuh.

Nuh menilai, banyaknya sekolah yang rusak bisa dipahami karena umumnya sudah berusia di atas 30 tahun dan tanpa renovasi.

Suprihatin, guru kelas III SDN Cilodong 02 Depok, mengatakan khawatir jika angin kencang bertiup di sekolahnya sebab atap empat ruang kelas sekolah tersebut sudah jebol. Ruangan guru sekolah saat ini sudah tidak dapat digunakan karena gentengnya sebagian hancur. ”Kalau angin kencang, kami khawatir atap dan bangunan roboh kemudian menimpa kami,” tutur Suprihatin.

Kepala SDN Sukamaju Baru 03 Siti Nurzainah mengharap segera ada bantuan perbaikan sekolahnya sebab kondisi bangunan sekolahnya yang dibangun tahun 1988 belum pernah direhabilitasi.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail berharap ada bantuan untuk perbaikan sekolah. Saat ini, sekitar 40 persen sekolah di Depok rusak berat, paling banyak SD. Dari 253 SD, ada 623 ruang kelas rusak berat.(NDY)


Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Sumber: