Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Wahana Baru di PPIPTEK TMII Bakal Gunakan Robot

Kompas.com - 31/01/2012, 18:43 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berencana menambah tiga wahana baru. Menurut Kepala PPIPTEK TMII Sukro Muhab, ketiga wahana akan memanfaatkan prinsip robotik.

"Ke depan akan ada Galeri Dinosaurus dan Galeri Zaman Jurassic. Selain itu kita juga akan kembangkan Kluster Siaga Pandemi Influenza," jelas Sukro Muhab, di sela penyelenggaraan seminar robotik, Selasa (31/1/2012). Ketiga wahana itu akan melengkapi Wahana Robotik yang diluncurkan hari ini.

Sukro Muhab menjelaskan, prinsip robotik dipakai pada Galeri Dinosaurus seperti ada hewan yang lidahnya bisa menjulur dan burung berkicau. Galeri Dinosaurus dan Jurassic dibuka untuk mengajak masyarakat mengenal kehidupan pada masa lampau. Sementara, Kluster Siaga Pandemi Influenza mengajak masyarakt mengenal perilaku sehari-hari yang berkaitan dengan penyebaran influenza.

"Misalnya perilaku kita yang jika bersin menutup mulut dan hidung dengan tangan. Apakah nanti ada kuman di tangan? Kita akan memanfaatkan detektor untuk tahu," papar Sukro.

Dengan bertambahnya wahana, kata Sukro, TMII berusaha mencegah agar fasilitas bisa diakses dengan harga tetap murah. TMII juga berupaya agar masyarakat, terutama anak-anak, bisa memperoleh informasi dengan baik dengan menyediakan pemandu di setiap wahana. "Pada akhirnya kita berharap anak-anak punya budaya iptek," kata Sukro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com