Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS Gelar Kompetisi Robot

Kompas.com - 03/02/2012, 10:14 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika (HMTF) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali melombakan Aplikasi Ilmu Fisika dalam peningkatan potensi sumber daya manusia. Kompetisi berskala nasional ini dikemas dalam Engineering Physics Week (EPW) 2012.

Ketua Panitia EPW 2012 M Syafiul Umam menjelaskan, lomba yang melibatkan peserta dari kalangan mahasiswa dan siswa SMA ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu engineering physics challenge yang merupakan kompetisi ilmiah tahunan dalam bidang fisika.

”Lomba ini cenderung ke penerapan fisika yang aplikatif di masyarakat,” kata Syafiul.

Tema yang diusung EPW kali ini adalah ”Green Science for Nation”. Dengan diadakannya kegiatan ini, para pelajar SMA diharapkan terpacu untuk meningkatkan wawasan teknologinya di bidang robotika. Peserta pada kategori ini jumlahnya cukup besar. Setelah babak penyisihan, kini tersisa 1.353 peserta yang akan mengikuti semifinal pada 4-5 Februari.

Acara lainnya dalam pergelaran EPW 2012 ini adalah pelatihan robotika atau workshop for roboholic 2012. Pelatihan ini ditujukan kepada mahasiswa dan siswa SMA.

”Untuk Mahasiswa sudah kami lakukan, untuk yang siswa SMA akan dilakukan pada tanggal 4-5 Februari mendatang,” ujar Syafiul.

Selain pelatihan robotika, juga digelar kompetisi robot. Ajang berskala nasional ini diikuti siswa SMA seluruh Indonesia. Sementara Indonesian Line Tracer Competition (ILTC) 2012 merupakan kompetisi  ketangkasan dan kecepatan robot dalam melintasi line (garis).

Menurutnya, dalam ajang ini robot-robot peserta akan diadu ketangkasannya di track yang memiliki kesulitan tersendiri. Syafiul menambahkan, pada kompetisi robotika ini, kreativitas dan penerapan Ilmu Fisika sangat
dibutuhkan sehingga atmosfer kompetisi akan terasa. Kompetisi robotika ini akan di gelar pada 5 Februai 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com