Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hartadinata Tempuh Pendidikan di Sekolah Bergengsi di AS

Kompas.com - 07/02/2012, 00:04 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hartadinata Harianto (17), pelajar Indonesia asal Surabaya, menjadi kebanggaan karena menempuh pendidikan di sekolah bergengsi di Amerika Serikat.

Hartadinata berhasil mengenyam pendidikan di sekolah khusus percepatan dan favorit di jenjang SMA bernama Bard High School Early College, yang dana operasionalnya dibantu Bill dan Melinda Gates Foundation.

 

Hartadinata menjadi satu dari 150 siswa, yang berhasil mengenyam bangku sekolah bergengsi bagi anak-anak jenius. Mereka mampu menyisihkan pendaftar lain yang mencapai 6.000-8000 orang.

 

Perjuangan Hartadinata mengenyam predikat sebagai siswa Bard High School Early College di New York, tentulah tidak mudah. Penerimaan didasarkan pada nilai, ujian esay, dan matematika.

 

Hartadinata yang sempat mengenyam bangku SD di SD Ciputra Surabaya itu, punya segudang prestasi akademik dan nonakademik.

Pada tahun 2006, Hartadinata meraih prestasi Math Academic Excellence. Tahun 2007 menerima penghargaan Academic Gold Honor Roll, yang diterimanya kembali pada tahun berikutnya.

 

Di bidang matematika, Hartadinata kembali meraih prestasi academic excellence for mathematics tahun 2008. Di tahun ini juga dia masuk dalam jajaran dua persen yang paling top secara nasional untuk tes English Language Arts (ELA Examinations).

Dia juga menerima President's Education Award's Program (Geoge W Bush). Indeks prestasi kumulatif (IPK) Hartadinata mencapai 4,0.

 

Pencapaian prestasi yang gemilang dari putra bangsa ini membuat Duta Besar di Indonesia di Washington DC tak ketinggalan memberikan penghargaan. Hartadinta memperoleh penghargaan Ambassador Awards for Excellence dari Duta Besar Indonesia di Washington Dinno Patti Djalal pada Desember 2011.

 

Lulusan dari Bard High School Early College umumnya bisa mentransfer 60 kredit mereka ke perguruan tinggi atau universitas. Mereka bisa meraih gelar sarjana dalam dua tahun lagi, atau terjadi percepatan waktu dua tahun.

 

Hartadinata yang terus menunjukkan prestasinya yang tak kalah dari siswa lainnya, ditargetkan menjadi sarjana pada usia 19 tahun. 

 

 

Haryo Winarso, Atase Pendidikan Kedutaan Besar RI di Amerika Serikat, Senin (6/2/2012), mengatakan penghargaan yang diberikan Kedubes Indonesia di Washington ini, sebagai pengakuan pada prestasi Hartadinata yang mampu meraih prestasi gemilang di bindag akademik dan nonakademik.

Hartadinata mampu menunjukkan kepemimpinan berkualitas dalam dirinya dan berdedikasi dalam aktivitas akademik di Amerika Serikat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com