Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Prodi di UNS Wajib Punya Jurnal Online

Kompas.com - 07/02/2012, 10:41 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Seluruh program studi yang ada di Universitas Sebelas Maret Surakarta diwajibkan memiliki jurnal ilmiah dalam bentuk online. Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS mengatakan, jurnal ilmiah tersebut untuk memuat karya-karya ilmiah mahasiswa.

"Ya kalau semua program studi sudah punya jurnal ilmiah online, praktis akan banyak diakses. Hal ini akan mengangkat lagi posisi UNS di tingkat internasional," kata Ravik, di Solo, Jawa Tengah, Senin (6/2/2012).

Ravik mengungkapkan, saat ini posisi UNS berada pada urutan ketujuh terbaik perguruan tinggi di Indonesia versi perankingan yang dibuat Internasional Colleges and Univerities (4icu.org) maupun webometrics. Capaian ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, UNS berada di ranking 12.

"Ya kami merasa gembira dengan masuknya UNS peringkat ketujuh dan ini tentu saja membuat kami besar hati. Konsekuensinya, UNS harus terus memperbaiki diri," kata Ravik Karsidi.

Sementara itu, Pembantu Rektor (PD) I  UNS Prof Drs Sutarno MSc PhD mengatakan, apa yang dilakukan UNS saat ini telah sejalan dengan instruksi dan kebijakan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Para lulusan S-1, S-2, dan S-3 mulai Agustus 2012 diwajibkan untuk membuat karya tulis ilmiah sebagai syarat kelulusan.

Oleh karena itu, kata dia, pembuatan jurnal ilmiah di seluruh prodi harus sudah terwujud. Para mahasiswa S-1 yang akan diwisuda terlebih dahulu harus menampilkan karya tulisnya di jurnal ilmiah online. Setidaknya, dari skripsi yang dibuat bisa dikemas menjadi artikel ilmiah yang menarik untuk ditayangkan di jurnal online.

Penggalakan penulisan ilmiah tidak hanya diberlakukan kepada mahasiswa, tapi juga para dosen. Selain dosen harus punya blog sebagai media komunikasi dengan mahasiswa, mereka juga harus mampu melahirkan karya yang termuat di jurnal internasional.   

Seperti diketahui, surat edaran Ditjen Dikti yang diterbitkan pada 27 Januari 2012 lalu menyatakan bahwa mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 harus memublikasi karya tulis ilmiah sebagai syarat lulus. Mahasiswa S-1 dimungkinkan untuk memublikasi ringkasan skripsinya pada jurnal online. Sementara itu, mahasiswa S-2 diharuskan untuk memuat tulisannya di jurnal nasional, diutamakan yang terakreditasi Dikti. Adapun mahasiswa S-3, harus memublikasikan karya tulisnya di jurnal internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com