Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Bilang Mahasiswa Indonesia di AS "Memble"?

Kompas.com - 08/02/2012, 14:47 WIB
Nurulloh

Penulis

MINNESOTA, KOMPAS.com — Sering timbul anggapan bahwa mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri, khususnya Amerika Serikat, melupakan kebudayaan leluhurnya. Bahkan karena alasan minder, tidak jarang mahasiswa Indonesia menyembunyikan identitas keindonesiaannya dan menyangkal berasal dari Indonesia. Akan tetapi, upaya yang dilakukan mahasiswa Indonesia di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat, yang mempromosikan seni dan budaya Indonesia, patut dihargai.

Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (AS) nyatanya juga membantu mempromosikan seni dan budaya Indonesia tersebut. Melalui Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias), kegiatan-kegiatan sosial, kesenian, dan kebudayaan Indonesia sering kali diselenggarakan mahasiswa Indonesia yang tergabung di dalamnya.

Reporter warga Api Sulistyo mengungkapkan hal ini di media sosial Kompasiana, Selasa (7/2/2012) kemarin. Menurut dia, organisasi yang resmi didirikan pada 24 Desember 1961 ini ingin menjadi wadah dan support system bagi putra-putri bangsa. "Lewat organisasi ini, siswa-siswi Indonesia menyelenggarakan berbagai kegiatan tahunan bagi anggotanya," katanya.

Sulistyo mencontohkan Permias di negara bagian Minnesota, AS, yang memiliki visi khusus untuk mengadakan kegiatan sosial, budaya, dan kemasyarakatan bagi siswa-siswi Indonesia serta mempromosikan budaya Indonesia kepada mahasiswa dan masyarakat umum.

Erick Naldo Kusmajadi, Presiden Permias Minnesota yang diwawancarai Sulistyo, mengatakan bahwa Permias Minnesota sudah sejak lama didirikan, tetapi sempat tidak aktif beberapa tahun. Pada tahun 2007, Darius Jaya mengaktifkan kembali agar dapat menyatukan mahasiswa Indonesia dan memperkenalkan budaya Indonesia di Minnesota.

Meski hanya beranggotakan sekitar 55 mahasiswa, Permias Minnesota memiliki agenda acara tahunan yang dibuat sebagai ajang promosi kebudayaan Indonesia dan menjadi wadah komunikasi antarmahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing.

Pada bulan Maret 2012 mendatang, Permias Minnesota akan mengadakan kegiatan Indonesian Festival 2012. Agenda dalam kegiatan itu mencakup pergelaran seni dan budaya Indonesia serta bazar.

Bagaimana cerita dan kiprah mahasiswa Indonesia di AS selanjutnya? Ikuti laporan lengkapnya di Kiprah Siswa-siswi Indonesia di AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com