Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unair Bidik "Best Delegates" di Boston

Kompas.com - 11/02/2012, 16:34 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Untuk kali kedua, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akan mengirim delegasi dalam ajang Harvard National Model of United Nations (HNMUN) yang diselenggarakan di Harvard University, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 16-19 Februari mendatang.

Anggota delegasi dari Unair kali ini terbilang besar, karena menyertakan 14 mahasiswa dari berbagai jurusan seperti ekonomi bisnis, sastra, farmasi, kedokteran dan sosial politik. Tahun sebelumnya, Unair mengirim delegasi dengan tujuh mahasiswa.

''Sebenarnya yang kami persiapkan ada 18 orang. Tetapi karena kendala teknis, salah satunya visa Amerika yang tidak disetujui, maka delegasi yang berangkat ada 14 orang,'' kata Amak Yaqoub, dosen pendamping ahli delegasi Unair, Sabtu (11/2/2012).

Perbedaan latar belakang keilmuan, kata Amak, memberikan keuntungan tersendiri, karena diharapkan mampu memberikan keragaman pandangan dari berbagai disiplin ilmu, ''Dengan komposisi lebih lengkap yang diberi nama 'Unair for HNMUN 2012' ini, kami membidik gelar best delegates di HNMUN 2012,'' ujarnya.

Dalam forum mahasiswa internasional yang dihadiri lebih dari 35 negara itu, para delegasi akan belajar berdiplomasi, berdikusi, berdebat, serta memberikan solusi bagi permasalahan global kontemporer seperti kesehatan, akses informasi, kepengungsian, hak minoritas, krisis ekonomi hingga persoalan proliferasi nuklir dan intervensi kemanusiaan seperti yang dilakukan di forum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Ketua delegasi Unair for HNMUN 2012, Yurike Wahyudi menambahkan, selain berpartisipasi di HNMUN, delegasi Unair berkesempatan mengikuti kuliah umum di tiga universitas di Amerika. Dua universitas berada di Boston, yaitu Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology, sedangkan universitas lainnya adalah Columbia University di New York.

''Ketiga universitas tersebut memiliki tradisi keilmuan yang sangat kuat. Kami berharap delegasi mampu mengambil spirit pembelajaran dan keilmuan disana, dan menyebarkannya di Indonesia,'' jelasnya.

Delegasi Unair for HNMUN 2012 akan berangkat dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya pada Senin (13/2/2012), menuju John F. Kennedy International Airport, New York City, via Jakarta dan Dhoha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com