Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugas Berat Menanti Senat Akademik UI

Kompas.com - 13/02/2012, 13:03 WIB
Indra Akuntono

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Purnomo Prawiro mengatakan, tim Senat Akademik Universitas (SAU) periode 2012-2013 mengemban tugas yang sangat berat. Dalam masa transisi, selain mengemban tugas pokok, SAU juga menghadapi beberapa tantangan lain dari luar dan dalam lingkungan UI.

Ia menjelaskan, tantangan dari luar UI  di antaranya adalah mempersiapkan pemikiran dan rumusan kebijakan menyambut Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) yang saat ini tengah digodok DPR bersama pemerintah. UU Pendidikan Tinggi ini diharapkan dapat merumuskan model tata kelola universitas yang bersifat otonomi, semi otonomi, atau otonomi terbatas.

"Kami harap SAU dapat menuangkan pemikirannya tentang model tata kelola yang tepat," kata Purnomo, Senin (13/2/2012), dalam acara pelantikan SAU UI, di Balai Sidang UI, Depok, Jawa Barat.

UU Pendidikan Tinggi, lanjut Purnomo, menjadi landasan utama penyelenggaraan universitas dalam jangka waktu yang lama. Ia berharap, SAU bersama MWA, eksekutif, organ-organ UI dan para stakeholders lainnya dapat tepat memutuskan dan penuh pertimbangan untuk menentukan model tata kelola yang akan dipakai.

Lebih jauh ia mengatakan, tugas dan tantangan di wilayah internal UI yang akan dihadapi oleh SAU dalam waktu dekat adalah menentukan secara jernih dan tepat keanggotaan MWA yang baru. SAU sendiri mendominasi pemikiran konsep dan wacana perumusan kebijakan di MWA, karena dari 21 anggota MWA, 11 diantaranya merupakan anggota SAU.

"Tantangan-tantangan ini akan menguji integritas diri setiap anggota SAU," ujarnya.

Sebelum menjalankan tugasnya, Purnomo mengimbau agar SAU melakukan upaya rekonsiliasi dan penyamaan persepsi di tingkat universitas agar setiap anggota SAU memiliki visi dan misi yang sejalan.

"Kami harap SAU dapat mengolah keanekaragaman perspektif dan pemikiran menjadi energi untuk memperkuat peran UI di masa yang akan datang," katanya.

Masa bakti SAU setahun

SAU akan menjalani masa tugasnya hingga 28 September 2013. Purnomo menjelaskan, pendeknya masa bakti SAU UI dikarenakan adanya batas masa transisi yang berakhir pada 28 September 2013. Adapun pelantikan SAU UI tertuang dalam SK MWA No 002/SK/MWA-UI/2012 tentang pengangkatan anggota SAU periode 2012-2013.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com