Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Stop Visa Kunjungan bagi Pelajar Asing

Kompas.com - 20/02/2012, 09:33 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia akan menghentikan pemberian visa kedatangan dan visa kunjungan sosial bagi pelajar asing untuk menghindari penyalahgunaan visa tersebut. Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin mengatakan, visa tersebut hanya akan diberikan kepada mahasiswa asing yang sudah menerima tawaran studi di perguruan tinggi negeri mau pun swasta yang berada di bawah pengawasan Kementerian.

Khaled Nordin seperti dikutip Antara dari Bernama, mengungkapkan, kebijakan ini sudah dibicarakan sejak dua bulan lalu dengan Departemen Imigrasi.

"Sebagian besar mahasiswa asing yang terlibat kriminal dan penyelundupan narkoba mengikuti program temporer dan kelas bahasa di perguruan tinggi yang tidak berada di bawah pengawasan Kementerian," ujarnya, Senin (20/2/2012).

Khaled mengungkapkan hal tersebut setelah sebelumnya seorang kriminolog Datuk Akhbar Satar meminta pemerintah Malaysia agar  mengkaji ulang kebijakan pemberian visa dan pass pelajar sebagai upaya mencegah Malaysia menjadi tempat transit perdagangan narkoba. Menurut catatan polisi, tidak banyak mahasiswa yang berada di bawah pengawasan Kementerian terlibat aksi kriminal.

"Manajemen perguruan tinggi negeri dan swasta harus menginformasikan kepada Kementerian jika ada mahasiswa asing yang mengabaikan pelajarannya. Kementerian akan menyelidiki apakah mereka terlibat dalam kegiatan negatif," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com