Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Siapkan "E-Voting" untuk Pemilu Ketua Ikatan Alumni

Kompas.com - 20/02/2012, 17:39 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemilihan Ketua Alumni Universitas Padjadjaran periode 2012-2016 direncanakan menggunakan sistem e-voting agar seluruh alumni yang diperkirakan berjumlah 150.000 alumnus bisa berpartisipasi. Dengan demikian, setiap alumnus Unpad memiliki hak suara untuk diberikan dalam pemilu yang bakal digelar pada 14 April 2012.

Diutarakan Ketua IKA Unpad periode 2008-2012, Ferry Mursyidan Baldan, fasilitas e-voting ditawarkan bagi alumnus yang berhalangan hadir dalam Pemilu IKA Unpad yang digelar di Bandung.

Dengan sistem tersebut, alumnus tinggal memilih lewat laman web. Cara mendapatkan hak suara adalah mendaftarkan diri ke panitia melalui laman itu atau komisariat fakultas, komisariat daerah, atau komisariat wilayah.

Perubahan sistem pemilihan ketua alumni sudah dimulai sejak periode sebelumnya, yang tidak lagi diwakilkan dan dipilih melalui forum musyawarah besar (mubes) dengan peserta dari perwakilan komisariat fakultas dan komisariat daerah.

Dalam pemilihan pengurus periode 2008-2012 yang menghasilkan nama Ferry sebagai peraih suara terbanyak, pemilihan dilakukan secara langsung.

"Dengan demikian, setiap alumnus bisa berpartisipasi dalam menentukan calon ketua umumnya," ujar Ferry, Senin (20/2/2012).

Mengenai pencalonan ketua umum, nama yang berhak maju ke bursa adalah alumnus yang sudah menamatkan jenjang pendidikan S-1 di Unpad. Bakal calon diusulkan sekurangnya satu komisariat fakultas dan didaftarkan kepada panitia dengan melengkapi persyaratan.

Persyaratan yang diminta seperti mengisi formulir pendaftaran, menyampaikan surat pernyataan kesediaan menjadi calon ketua umum, menyampaikan visi dan misi secara tertulis, serta melampirkan daftar riwayat hidup dan salinan ijazah S-1.

Pendaftaran sudah bisa dilakukan sejak 19 Februari hingga 27 Maret di Sekretariat Panitia Mubes di Gedung Alumni Unpad Jalan Singaperbangsa No 1 Bandung. Hasil verifikasi oleh panitia bakal diumumkan dalam mubes yang dilaksanakan pada tanggal 31 Maret. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com