Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

SMAN 2 Kudus Gelar Kompetisi Matematika Amerika

Kompas.com - 23/02/2012, 10:48 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

KUDUS, KOMPAS.com- SMA Negeri 2 Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Surya Institute, menggelar American Mathematic Competition (AMC) Grade 10 and 12. Kompetisi itu melatih dan menguji para peserta memecahkan soal-soal Matematika yang dibuat ahli Matematika Amerika.

Kegiatan diikuti 141 peserta dari Kudus, Pati, Jepara, Banjarnegara, dan Purwokerto. Sebanyak 72 peserta masuk kategori grade 10 dan 69 peserta untuk grade 12. Grade 10 untuk kelas VII, IX, X SMP, dan grade 12 untuk kelas XI dan XII SMA.

Kepala SMAN 2 Kudus M Zainuri, Kamis (23/2/2012), mengatakan, AMC merupakan kompetisi yang digagas Mathematical Association of America (MAA) atau kumpulan ahli matematika dari berbagai universitas terkemuka di Amerika Serikat. AMC dilaksanakan di Amerika Serikat dan negara-negara sahabat termasuk Indonesia.

Di Indonesia AMC diorganisir Surya Institute di bawah pengelolaan Prof Yohannes Surya. Pada tahun ini kompetisi itu dilaksanakan di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Kudus.

"Soal yang diujikan berjumlah 25 butir dalam bahasa Inggris dan dikerjakan dalam waktu 75 menit. Hasilnya akan dikoreksi dan dievaluasi MAA," kata Zainuri.

Menurut Zainuri, AMC digelar di Kudus untuk memberi kesempatan siswa-siswi di Kudus dan sekitarnya berkompetisi bidang matematika dengan level kesulitan tinggi. Kompetisi itu dapat memacu kecerdasan siswa sekaligus sebagai sarana mengevaluasi materi dan pembelajaran matematika di sekolah.

"AMC juga bisa menjadi ajang berlatih siswa menuju olimpiade matematika. Kami berharap AMC atau lomba internasional sejenis dapat menjadi agenda tahunan di Jawa Tengah," kata dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com